Yamaha

Vaksinasi Covid-19 Nakes Purwakarta Baru Mencapai 60%

  Rabu, 10 Februari 2021   Dede Nurhasanudin
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika monitoring vaksinasi Covid-19.

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Sejumlah rumah sakit di Kabupaten Purwakarta sudah melakukan vaksinasi Covid-19 secara bertahap, sejak dimulai vaksinasi tahap pertama dimulai pada Kamis (4/2/2021).

Diketahui, jumlah vaksin yang diterima Kabupaten Purwakarta pada tahap awal ini sebanyak 3.920 vial. 3.500 di antaranya diperuntukan bagi tenaga kesehatan, sementara sisanya untuk jajaran Forkopimda juga tokoh masyarakat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, berdasarkan data yang diterima hingga hari ini program vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan baru mencapai kurang lebih 60%.

Akan tetapi, ada empat rumah sakit yang cakupannya masih rendah, hal itu diketahui dari hasil rapat koordinasi bersama Dinas Kesehatan.

Empat rumah sakit itu adalah Rumah Sakit Siloam, Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta, Rumah Sakit Rama Hadi dan Rumah Sakit Bakti Husada.

"Hari ini saya mengunjungi ke empat rumah sakit itu untuk mendorong dan evaluasi serta berkomitmen untuk meningkatkan capaian sampai besok di atas 70%," ujar dia saat mengunjungi ke Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta untuk memastikan proses vaksinasi Covid-19 para tenaga kesehatan, Rabu (10/2/2021).

Ia menyebut hingga saat ini jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Purwakarta sebanyak 3.500 orang. Dari jumlah tersebut yang baru di vaksinasi sekitar 54%.

"Tenaga kesehatan menjadi sasaran awal karena sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. Mereka harus mendapatkan prioritas sasaran vaksinasi Covid-19," kata Anne.

Sementara, Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta, dr M Andri Muttaqin mengatakan, jumlah tenaga kesehatan di rumah sakit ini sebanyak 360 orang. 

Dari jumlah tersebut memang baru sebagian yang mendapatkan vaksin Covid-19.

"Setiap harinya hanya 120 orang, karena bergilir agar pelayanan kepada pasien lainnya tetap berjalan maksimal," ujar Andri.

Dia menjelaskan, Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta sudah membuat skema target pelaksanaan vaksinasi Covid-19 selam tiga hari dengan rincian perhari dilakukan dua sesi. Dalam satu sesi 60 tenaga kesehatan. 

"Maka selama tiga hari bisa 360 orang bisa di vaksin. Hanya kemarin itu ada beberapa tenaga kesehatan di sini berhalangan hadir. Insyaallah untuk hari ini bisa selesai 70%, jadi tiga hari beres semuanya," kata dia.

Ia juga memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bisa rampung diselesaikan sebelum pelaksanaan vaksinasi tahap kedua. Pihaknya menjamin vaksin Covid-19 ini aman. 

"Uji klinis BPOM sudah, MUI sudah mengeluarkan sertifikasi halal. Jadi, masyarakat jangan ragu untuk divaksin," kata Andri.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar