Yamaha

Jalan Sukasari Purwakarta Ambles, Pemerintah Tutup Akses Sementara

  Senin, 22 Februari 2021   Dede Nurhasanudin
Papan pemberitahauan jalan ditutup lantaran amblesan di Kecamatan Sukasari, tepatnya di Kampung Ciputat, Desa Kutamanah. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

SUKASARI, AYOPURWAKARTA.COM -- Akses jalan utama di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta terancam terputus.

Sebab, badan jalan utama tepatnya di Kampung Ciputat, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari ambles.

Warga menduga, amblasnya badan jalan yang terbuat dari beton tersebut karena pergerakan tanah yang dipicu guyuran hujan sejak beberapa hari terakhir.

"Jalan ini merupakan akses utama bagi warga di Kecamatan Sukasari. Namun, kini akibat jalan amblas menghambat aktivitas dan mengancam ekonomi warga," ungkap warga Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Irfan Dulvickar, Senin (22/2/2021).

Ia berharap segera ada penanganan dari pemerintah daerah agar masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Mengingat, kata dia, ini merupakan satu-satunya akses jalan menuju kota maupun sebaliknya.

"Tak ada alternatif jalan lain menuju wilayah kami, paling jalur air menyeberang Waduk Jatiluhur menggunakan perahu," kata dia.

20210222-112837
Kondisi jalan yang ambles. (dok istimewa)

Sementara, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, akses jalan ditutup sementara demi keselamatan warga.

Pihaknya sudah melakukan penanganan bersama TNI/Polri, dinas terkait dan pemerintah kecamatan setempat juga warga menjaga serta menelusuri wilayah sekitar mencari jalan alternatif.

Jalan alternatifnya yaitu jalan desa dan jalan warga bekas angkutan bambu. Setidaknya jalan itu bisa menjadi solusi akibat adanya bencana ini.

"Titik longsor itu sebelumnya terjadi tahun lalu, namun sekarang meluas dan parah. Atas dasar itu kami melakukan penutupan jalan, namun sudah ada penanganan," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar