Yamaha

Jabar Prioritaskan Lansia di Vaksinasi Covid-19 Tahap II

  Senin, 22 Februari 2021   Fichri Hakiim
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan vaksinasi tahap kedua akan segera dilakukan di Jawa Barat. Pada vaksinasi kedua, nantinya Pemerintah Provinsi Jabar turut memprioritaskan lansia. 

"Vaksin yang tahap pertama 82% terselesaikan. Dosis kedua di 46 %. Kita persiapkan penyuntikan masyarakat khusus mulai PNS, TNI-Polri, tokoh masyarakat, pedagang pasar, guru, lansia dan sebagainya," ujarnya di Polda Jabar, Kota Bandung, dikutip dari Ayobandung.com, Senin (22/2/2021). 

Terkait jumlah lansia yang menerima vaksin, Ridwan Kamil belum mengetahui secara rinci. Namun, kata dia, lansia termasuk dalam enam juta orang yang diprioritaskan mendapat herd immunity. 

"Kalau data spesifik ga pegang, tapi seluruh Jabar herd immunity 36 juta orang. Kurang lebih 6 juta di tahap dua, TNI, Polri, lansia, pedagang pasar, tokoh masyarakat," katanya. 

Lansia akan menjadi prioritas vaksin lantaran rentan terpapar virus. Vaksinasi terhadap lansia ini pun akan diprioritaskan di sejumlah wilayah di Jabar. 

"Lansia perhatian kita ya, lakukan di 6 wilayah mayoritas Bodebek dan Bandung Raya, kita prioritaskan vaksin lansia," tutur Ridwan Kamil. 

Ia juga memperhatikan keterbatasan fisik lansia untuk datang ke fasilitas kesehatan guna mendapatkan vaksin. Oleh karena itu, nantinya pihaknya menyediakan inovasi mobil vaksin untuk berkeliling ke lansia yang mendapat vaksin.  

"Untuk lansia keterbatasan fisik jadi atensi. Kami diizinkan Presiden dan Mendagri untuk menggunakan inovasi mobil vaksin. Jangan kaget nanti kalau ada vaksin muter. Karena tidak semua lansia disuntik, yang memenuhi syarat," jelasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar