Yamaha

Kendaraan Tonase Tinggi Akan Dibatasi Melintas di Jalur Arteri Purwakarta-Bandung

  Rabu, 24 Februari 2021   Dede Nurhasanudin
Kemacetan di Jalur Arteri Purwakarta-Bandung akibat dampak perbaikan jalan wilayah Sulukuning, Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Kendaraan besar tonase tinggi melintas di jalur Arteri Purwakarta-Bandung akan batasi. Hal ini untuk mengurangi kemacetan akibat dampak perbaikan jalan wilayah Sulukuning, Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta.

Hal itu diketahui setelah Pemkab Purwakarta berkoordinasi bersama stakeholder terkait mengenai perbaikan jalan arteri Purwakarta-Bandung, di Pendopo, Rabu (24/2/2021).

"Alhamdulillah dari hasil rakor hari ini kami dapatkan keputusan untuk mengeluarkan kebijakan regulasi untuk membatasi kendaraan-kendaraan besar bertonase tinggi," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Kendaraan besar tidak diperbolehkan melintas di jam-jam padat kendaraan, yakni mulai pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB dan pukul 15.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Ia menyebut pembatasan ini untuk kebaikan bersama meminimalisasi kepadatan arus juga mendukung perbaikan jalan nasional tersebut.

"Saya atasnama pemerintah daerah meminta maaf kepada semua warga dan khususnya warga Purwakarta yang merasa terganggu atas aktivitas perbaikan jalan ini. Perbaikan jalan akan berjalan dengan sesuai rencana," ujar Anne.

Sementara, Kepala Dishub Purwakarta, Iwan Soeroso menambahkan pihaknya siap bersiaga di lokasi bersama petugas Satlantas Polres Purwakarta untuk mengurai kemacetan di wilayah Sulukuning.

"Kami akan bagi tugas dan bekerjasama dengan kepolisian untuk menangani kemacetan seoptimal mungkin. Semoga dengan aturan ini kami bisa membuat tindakan jika ada pelanggaran di lapangan," ucapnya.

Senada dengan Iwan, Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Toto Herman menyebut sebenarnya telah jauh hari pihaknya telah meminta kendaraan dengan tonase besar untuk mengurangi kegiatan selama ada perbaikan jalan ini.

Ia mengaku mendukung atas aturan yang dikeluarkan untuk jam operasional kendaraan tonase besar.

"Kami semua dan warga mendukung percepatan perbaikan. Sebenarnya tak akan terjadi kemacetan jika pengguna jalan kendaraan tonase besar dapat mengikuti aturan, seperti tak beroperasi di jam-jam yang telah ditentukan," ujar Kasat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar