Yamaha

Debu dan Bising Truk KCIC, Warga Purwakarta Harap Kereta Cepat Bandung-Jakarta Lekas Kelar

  Selasa, 02 Maret 2021   Dede Nurhasanudin
Truk besar melintas di jalan Desa Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

DARANGDAN, AYOPURWAKARTA.COM -- Di balik pembangunan jalur Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, selalu ada cerita dari warga setempat, baik yang terdampak langsung maupun tidak langsung dari keberadaan proyek tersebut.

Berbagai polemik pun terkadang muncul, mulai dari masalah pembebasan lahan hingga pengerjaan proyek yang saat ini masih berjalan.

Saat pembebasan lahan, tidak sedikit warga menyuarakan ketidaksetujuan akan harga yang ditawarkan para pengembang karena nominalnya kecil. Tapi akhirnya kesepakatan pun muncul. 

Ketika pengerjaan, tidak sedikit warga terutama di sekitar proyek merasa tak nyaman. Misalnya, bising kendaraan proyek yang berlalu lalang melintasi jalan. Belum lagi soal debu jalan sehingga indera penciuman juga penglihatan terganggu.

AYO BACA: Warga Gunung Hejo Pertanyakan Surat Salinan Sewa Lahan dari Pengembang KCIC

Hal ini seperti yang terjadi di Desa Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Truk proyek KCIC setiap harinya melintasi jalan di perkampungan desa tersebut. Praktis debu dan bising pun tak terhindarkan.

"Ketika truk melintas sudah pasti menimbulkan debu," ujar warga setempat, Panjul, Selasa (2/3/2021).

Pengembang proyek meminimalisasi debu dengan menyiram badan jalan. Kendati dirinya mengapresiasi akan hal itu, bising kendaraan pasti terdengar, meskipun boleh dianggap wajar karena proyek memang tengah dikerjakan.

"Yah sangat mengapresiasi ada upaya seperti itu (penyiraman), tapi kalau bising tetap ada," kata dia.

Ia bersama warga lain berharap proyek nasional tersebut segera selesai agar kondisi ini cepat berakhir.

"Mudah-mudahan cepat selesai pengerjaannya,  jadi tidak banyak truk besar terus melintas," ucap warga lain.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar