Yamaha

Makan Salad Buah Setiap Hari, Ini Manfaatnya

  Selasa, 06 April 2021   Suara.com
Makan Salad Buah. (Pixabay)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Anda tentu tahu bahwa buah merupakan salah satu makanan bernutrisi yang harus Anda santap setiap hari. Mengonsumsi buah dalam jumlah dan jenis yang tepat, dapat memberi khasiat yang luar biasa. Dan salah satu cara mudah untuk mendapatkan manfaat buah adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk salad buah.

Anda dapat menambahkan buah apapun ke dalam salad buah. Misalnya apel yang selalu tersedia sepanjang tahun, kaya akan antioksidan, kaya serat, dan flavonoid. Anda juga bisa menambahkan jeruk sebagai sumber vitamin C.

Tidak ada aturan khusus dalam membuat salad buah. Buah apapun yang Anda tambahkan ke dalamnya, akan memberi manfaat sebagai berikut, seperti yang dilansir dari Healthshots.

1. Membantu penurunan berat badan
Buah-buahan terdiri dari air dan serat, memastikan asupan kalori tetap rendah, yang akan membantu menurunkan berat badan. Salah satu contoh buah yang ideal adalah kiwi yang memiliki serat tinggi dan kalori rendah, ideal untuk mengatur berat badan. Kiwi berukuran sedang hanya mengandung sekitar 50 kalori, dan kandungan seratnya memberi rasa kenyang di perut.

2. Memberi nutrisi yang menyehatkan
Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti kiwi atau stroberi, membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Kandungan serat pada buah juga diketahui dapat meningkatkan fungsi usus, yang mencegah sembelit dan bahkan dapat membantu mengatasi asma.

Selain itu, pisang merupakan sumber yang kaya vitamin C dan dapat membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel dan jaringan, menghasilkan kolagen (protein yang menyatukan kulit, tulang, dan tubuh) dan mendukung kesehatan otak dengan memproduksi serotonin (hormon yang memengaruhi tubuh kita).

Blueberry dikenal sebagai buah yang rendah kalori dan mengandung antioksidan. Antioksidan dalam blueberry, yang disebut anthocyanin, mengurangi faktor risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol LDL dan tekanan darah, sesuai penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine.

3. Melancarkan pencernaan
Salad buah dengan kandungan serat yang tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat membantu memperbaiki masalah sembelit, karena berfungsi sebagai pencahar alami untuk sistem pencernaan. Buah-buahan seperti jeruk dan pisang mengandung lebih sedikit fruktosa, membuatnya lebih mudah ditoleransi dan cenderung tidak menyebabkan gas. Buah-buahan ini juga mengandung inulin, zat yang merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar