Yamaha

Menengok Galeri Menong, Wadah Publikasi UMKM di Purwakarta

  Kamis, 26 Januari 2017   Adi Ginanjar
Galeri Menong.(Eneng Reni/AyoPurwakarta)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Publikasi UMKM Kabupaten Purwakarta sekarang bisa dipamerkan di Galeri Menong akan memacu pelayanannya berupa standardisasi produk dan penyempurnaan fasilitas pendukung.

Manager Galeri Menong, Sani, mengungkapkan sejak dibukanya galeri pada pertengahan Desember 2016 lalu, respons yang didapatkan baik dari sisi penjualan ataupun antusiasme para pelaku UMKM di daerah tersebut semakin meningkat.

"Sejauh ini  respons yang didapat sangat bagus, baik dari semangat jual para pelaku usaha maupun minat pengunjung," ungkap Sani kepada AyoPurwakarta, Rabu (25/1/2017).

Berdasarkan hal itu, pihaknya akan mengembangkan fasilitas galeri dengan membuka kafe dari produk khas makanan dan minuman tradisional. "Jadi nanti akan disediakan kafe makanan khas tradisional untuk para pengunjung yang sedang menunggu waktu berbelanja seperti produk minuman bajigur, herbal, dan sebagainya," terang Sani.

Sani menjelaskan lebih lanjut produk UKM yang terjaring saat ini antara 60-70 dengan total 27 UKM. Produk yang ditawarkan antara lain produk olahan makanan, handcraft, t-shirt, aksesoris, cindera mata, bumbu, dan lain-lain.

Ia menuturkan akan menambah dan memperbanyak variasi produk UMKM Purwakarta yang akan dijual. "Kami akan melakukan seleksi produk baru pada Februari nanti. Syarat seleksi produknya meliputi PIRT, Sertifikasi Halal, serta tampilan dan pengemasan produk," jelasnya.

Dari segi penjualan, produk favorit pembeli adalah simpring, olahan dari lada dan pala, t-shirt, batik, dan kerajinan.

"Untuk kaos dan batik banyak diminati wisatawan karena motif atau gambar yang digunakan mengusung ikon-ikon khas Purwakarta seperti sate maranggi, keramik Plered, simpring, dan lain-lain, sehingga jadi lebih ikonik," lanjut Sani.

Ia berharap Galeri Menong mampu menjadi jembatan publikasi para pelaku usaha di Purwakarta dan dapat menjadi wadah publikasi yang dipercaya untuk mengangkat potensi UKM di Purwakarta.

Sementara itu, Kabid UKM Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Purwakarta Ahmad Nizar, mengungkapkan Galeri Menong memang merupakan wadah publikasi produk hasil UKM yang didirikan Purwakarta untuk menyajikan dan menawarkan pada masyarakat mengenai produk-produk UKM daerah tersebut. Namun, syarat produk untuk bisa ditampikan di galeri tersebut harus memiliki gaya galeri yang khas.

"Hal tersebut untuk mengangkat nilai jual produk UKM tersebut  sehingga kami mencoba menerapkan syarat dari segi legalitas produk serta tampilan dan pengemasannya. Sebab Produk yang dijual galeri tentu harus memiliki gaya yang berbeda dengan gaya produk yang hanya dijual dengan gaya warungan atau toko biasa," ungkap Nizar.

Untuk memikat konsumen, pihaknya akan menerapkan pelatihan melalui pembinaan karakter produksi dan teknik pemasaran guna meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan para pelaku usaha. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar