Yamaha

Kidang Kencana, Mobil Sekolah Gratis bagi Pelajar di Purwakarta

  Senin, 30 Januari 2017   Adi Ginanjar
Mobil Kidang Kencana.(Eneng Reni/AyoPurwakarta)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta menyediakan 15 mobil sekolah dengan nama 'Kidang Kencana' bagi para pelajar yang tinggal di daerah pelosok dan mengalami kesulitan sarana angkutan transportasi umum.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto mengungkapkan penyediaan armada tersebut sebagai solusi dari penerapan peraturan daerah larangan penggunaan kendaraan bermotor bagi pelajar.

"Sejak 2014 Purwakarta menerapkan larangan bagi anak-anak sekolah untuk membawa kendaraan bermotor. Sehingga kami menyediakan armada tersebut sebagai solusi mencegah bagaimana caranya agar para pelajar tersebut tidak menggunakan kendaraan bermotor, tapi tetap ada angkutan yang bisa dipakai mereka menuju ke sekolah," ungkap Purwanto saat ditemui AyoPurwakarta, Senin (30/1/2017).

Dari segi pengelolaan, Purwanto menerangkan, pihaknya telah melakukan MoU dengan Kodim 069 Purwakarta terkait penyimpanan dan proses pengunaan armada tersebut ke depannya.

"Nanti mobil-mobil ini akan disimpan di koramil-koramil. Adapun sopir yang membawanya kami turunkan para tentara yang nantinya selain akan mengantar-jemput para pelajar," terangnya.

Penerapan nilai dan wawasan tersebut, menurut Purwanto, sebagai media para pelajar untuk mengetahui nilai kedisiplinan sejak di bangku sekolah.

Di samping itu, ujar dia, armada tersebut disebarkan di daerah-daerah yang tidak terlewati angkutan umum. Adapun daerah yang terlewati armada mobil sekolah tersebut di antaranya Sukasari, Bojong, Darangdan, Tegallarung, Mani'is, dan Cibatu.
 
"Armada ini gratis, semua anak sekolah Purwakarta yang mau berangkat sekolah dan membutuhkan angkutan boleh pakai mobil itu," katanya.

Purwanto mengungkapkan mobil akan melalui rute daerah yang telah ditentukan sehingga pelajar tinggal menunggu di pinggir jalan untuk diangkut naik. Adapun berdasarkan rute penjemputan, semua jalan raya yang bisa terlewati mobil itu.(Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar