Yamaha

Sensasi Pedas Ayam Goreng Kampung Rumah Makan Sajolna

  Rabu, 01 Februari 2017   Adi Ginanjar
Menu di Rumah Makan Sajolna.(Eneng)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM—Mungkin menu ayam goreng sudah menjadi menu klasik setiap daerah di seluruh Indonesia tak terkecuali Purwakarta. Namun, di Purwakarta terdapat rumah makan yang menyajikan menu ayam goreng kampung yang legit dan nikmat lengkap dengan sambel dadakan yang sangat menggiurkan.

Adalah Rumah Makan Sajolna milik Mimin yang terletak di Jalan Basuki Rahmat Nomor 54 Sindangkasih Kecamatan Purwakarta  Kabupaten Purwakarta yang menjadi rumah makan favorit baik masyarakat setempat atau pelancong yang sedang singgah di daerah tersebut. Menu yang menjadi andalan rumah makan ini adalah ayam goreng kampung dan sambel dadak khas Sunda.

Bagi Anda yang penasaran dan belum pernah mencoba, menu ayam goreng kampung ini sangat lekat dengan rasa rempah-rempah yang memikat. Di mana pada kunyahan pertama saja akan terasa sekali bumbu rempah dari gula merah, kunyit, sereh, serai, serta daun jeruk yang digoreng setengah kering.

Adapun dari segi tekstur, menu ayam kampung goreng tersebut dimasak dengan cara diungkeb terlebih dahulu bersama bumbu sebelum digoreng sehingga menu ayam terasa sangat legit sekaligus empuk.

Bagi yang ingin mencoba disarankan saat menyantap menu tersebut akan lebih terasa lebih nikmat apabila menggunakan tangan.

Sekadar informasi, harga menu lengkap di Rumah Makan Sajolna berkisar Rp40.000 – Rp60.000 belum termasuk pajak. Adapun harga per item menu rumah makan ini di antaranya ayam kampung goreng Rp15.000/potong, nasi Rp5.000, sambel dadakan Rp5.000, lalab yang terdiri dari selada, leunca, terong, dan irisan timun Rp5.000.

Pegawai Rumah Makan Sajolna Dewi mengungkapkan tempat makan tersebut tidak pernah sepi pengunjung baik hari kerja maupun libur akhir pekan.

“Di hari-hari biasanya saja, Rumah makan ini selalu dipenuhi pengunjung. Bahkan kemarin sampai penuh ke bagian dalam (area lesehan),” terangnya kepada AyoPurwakarta, Rabu (1/2/2017).

Perempuan yang berasal dari Darangdan, Purwakarta itu menuturkan rumah makan tersebut memiliki dua area makan yang terdiri dari area makan lesehan dan area makan yang menggunakan kursi dan meja. Namun, meskipun tempat makan itu memiliki area makan yang cukup luas dan selalu buka dari jam 08.00 WIB- 21.00 WIB itu setiap harinya selalu dijejali pengunjung dan pecinta kuliner yang terpincut dan penasaran dengan rasa olahan ayam kampung dan sambel dadaknya. “Setiap harinya area lesehan dan area depan (area kursi) selalu penuh oleh para pengunjung. Biasanya pengunjung rata-rata merupakan wisatawan yang sedang berada di Purwakarta dan penasaran ini mencicipi ayam dan sambel dadak,” ungkapnya. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar