Yamaha

Nikmati Eksotisme Situ Wanayasa sebagai Liburan Alternatif

  Kamis, 09 Februari 2017   Adi Ginanjar
Situ Wanayasa.(Eneng/AyoPurwakarta)

Selamat datang di Jawa Barat,

Informasi ini dipersembahkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Provinsi Jawa Barat.

Supported by: Ayo Media Network

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Situ Wanayasa menjadi pilihan alternatif yang tepat bagi Anda selama di Purwakarta.

Dari segi ketenaran, mungkin Situ Wanayasa masih kalah gaungnya dibandingkan Waduk Jatiluhur ataupun Situ Buleud. Namun, jangan salah terdapat ikon khas yang membuat destinasi wisata situ ini menjadi istimewa dan patut Anda kunjungi.

Di antaranya adanya pulau kecil yang berada di tengah-tengah situ (danau) dan dipenuhi pohon-pohon pinus serta pemandangan situ yang dikelilingi perbukitan hijau menambah kesan eksotis pemandangan.

Adapun menurut sejarah Purwakarta, pulau kecil di tengah Situ Wanayasa merupakan makam dari RA. Surawinata yang dipercaya merupakan pendiri Kabupaten Purwakarta.

Tak ketinggalan pemandangan Situ Wanayasa pun semakin fotogenik dengan adanya latar belakang Gunung Burangrang dan menambah kesan cantik apabila diabadikan dalam sebuah foto.

Sementara itu, meskipun berjarak cukup jauh dari pusat Kota Purwakarta yakni 23 kilometer ke arah tenggara atau sekitar 50 menit waktu tempuh dari pusat kota.

Situ yang memiliki luas sekitar tujuh hektare tersebut berada pada ketinggian 600 mdpl sehingga dijamin akan menyajikan suasana nyaman khas pegunungan yang sejuk dan tenang.
 
Adapun sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Purwakarta, pemerintah setempat telah menyajikan fasilitas pendukung yang akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung, seperti keberadaan trotoar di sepanjang pinggir situ untuk para wisatawan yang ingin berjalan kaki selama menyusuri keindahan dari pinggir situ.

Juga didirikannya pula gazebo untuk tempat istirahat yang letaknya di pinggir situ bagian atas sehingga bagi Anda yang gemar berselfie lokasi tersebut akan sangat cocok karena seluruh pemandangan Situ Wanayasa dapat terlihat jelas melalui spot tersebut.
Serta untuk wisata air di Situ Wanayasa, pihak pengelola menyediakan sepeda air untuk para wisatawan yang ingin berkeliling menikmati pemandangan alam.

Salah satu wisatawan asal Cikarang, Fuad (44) meengungkapkan sengaja datang ke Purwakarta karena ingin menghabiskan waktu senggang bersama keluarga dan memilih daerah Wanayasa sebagai alternatif rekreasi keluarganya.
 
“Sebetulnya di awal saya dengar ada wisata taman buah di Wanayasa, tapi saat ditanyakan ternyata tempat wisata tersebut belum resmi dibuka dan pembangunan area wisatanya juga belum selesai. Jadi mungpung masih di Wanayasa saya sempatkan ke sini dulu karena saya dengar Situ Wanayasa sendiri merupakan ikonnya daerah sini,” ungkap Fuad saat ditemui AyoPurwakarta, Rabu (8/2/2017).

Dirinya pun menambahkan sebetulnya ia bersama keluarga ingin menghabiskan waktu liburan bersama dan mencari suasana tempat liburan yang sejuk dan tenang.

“Memang sengaja ke Purwakarta tujuan mau main. Kebetulan saya juga lagi off kerja jadi sempat-sempatkan ajak keluarga liburan. Dari segi kenyamanan liburan, saya memang sengaja pilih tempat wisata yang ada di Daerah Wanayasa karena daerah ini cuacanya sejuk sama nyaman buat berlibur,” ujarnya. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar