Kampung Tajur, Wisata Alam Tidak Biasa di Purwakarta

  Kamis, 01 Juli 2021   Handy Dannu Wijaya
Kampung Tajur, Wisata Alam Tidak Biasa di Purwakarta

AYOPURWAKARTA.COM -- Jika anda ingin mencoba wisata alam yang berbeda di Purwakarta, anda bisa mencoba melancong ke Kampung Tajur yang terkenal dengan kendahan alam dan adat budayanya. Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Jarak yang cukup jauh dari pusat kota dan letaknya yang berada di dataran tinggi, 900 Mdpl, membuat alam Tajur amat asri dan bisa jadi tempat yang cocok untuk sekadar beristirahat melepas penat. 

Hamparan sawah, pepohonan yang rindang, dan pemandangan lereng Gunung Burangrang akan memanjakan matamu ketika memasuki Kampung Tajur. Selain itu, keramahan warga juga akan menyambut kedatanganmu. Warga kampung senantiasa tersenyum kepada setiap pengunjung. Mereka akan menghampiri dan menyambut kedatangan kamu. 

Aktivitas warga ala perkampungan seperti pergi ke ladang, jelajah hutan, menangkap ikan, menggembala ternak, dan lainya masih dapat kamu temui di Kampung Tajur. Kalau kamu penasaran, jangan gundah buat mencobanya. Warga dengan senang hati akan mengajarkamu. 

AYO BACA : Curug Dengdeng, Air Terjun Indah Yang Dipercaya Penuh Berkah

Pengalaman bercocok tanam di sawah mungkin akan jadi pengalaman berkesan bagi kamu yang memang lahir dan besar di wilayah perkotaan. Apalagi kamu akan diajarkan langsung oleh para petani tulen di Kampung Tajur. 

Selain bisa memahami cara bercocok tanam di sawah dan kegitan alam lainya, sejumlah pengunjung  juga dapat mempelajari cara membuat produk makanan khas Kampung Tajur yaitu gula aren dan rengginang. Sama seperti mempelajari bercocok tanam dan kegiatan alam lainya, kamu akan belajar membuat gula aren dan rengginang dari nol.

Di sisi lain,lingkungan alam yang masih asri di Kampung Tajur juga amat cocok digunakan sebagai tempat pelajar latihan Pramuka. Kampung Tajur merupakan destinasi favorit untuk latihan pramuka. 

Selain alamnya yang asri, kondisi rumah warga Kampung Tajur juga terlihat masih berdiri kokoh dengan menggunakan arsitektur khas Sunda, Julang Ngapak, yang dindingnya bercorak putih dan hitam. Rumah panggung yang terbuat dari kayu dan bambu tersebut bisa kamu tinggali selama menikmati pemandangan alam Kampung Tajur

AYO BACA : Mengenal Penny Farthing, Sepeda Unik Dengan Roda Raksasa

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar