Nikmatnya Surabi 20 Rasa Serba Dadakan di Surabi Gapura Kang Dyan

  Senin, 05 Juli 2021   Handy Dannu Wijaya
Salah seorang pengunjung setia Surabi Gapura Dyan Purwakarta

AYOPURWAKARTA.COM-- Ada salah satu Surabi terkenal di Purwakarta yakni Surabi Gapura Kang Dyan. Surabi merupakan makanan tradisional yang populer di Jawa Barat, tak terkecuali di Kabupaten Purwakarta. 

Biasanya, dua varian surabi yang paling umum adalah surabi oncom dan kinca. Namun di Warung Surabi Gapura Kang Dyan di Kampung Cikopak Sadang Kabupaten Purwakarta, Anda bisa mencicipi 20 varian rasa/topping berbeda dari surabi. Varian tersebut, di antaranya surabi oncom, kinca, pisang, pisang cokelat, sosis, fla durian, fla cokelat, abon, alpukat, telor dan lainya. Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi warung surabi gapura kang dyan Purwakarta di aplikasi Google Maps.

"Ada 20 varian rasa berbeda, yang paling laku dan jadi favorit itu surabi fla durian dan surabi oncom spesial," kata pemilik Warung Surabi Gapura, Dyan Rusdiana belum lama ini.

Selain menawarkan surabi dengan pilihan yang banyak, ternyata Surabi Gapura kang Dyan Purwakarta yang dibuka sejak tujuh tahun lalu juga menyajikan surabi secara dadakan. 

"Semuanya serba dadakan. Dari proses pencetakan surabi di atas mangkok tanah liat kemudian dipanaskan menggunakan arang sampai matang," ungkap Dyan.

Menurut Dyan, alasan membuat surabi serba dadakan adalah untuk menjamin cita rasa dan kehangatan surabi yang disajikan. 

"Semua serba dadakan biar waktu disajikan ke pembeli, surabinya masih anget," jelas Dyan. 

AYO BACA : Camilan Khas Tasikmalaya Yang Wajib Anda Coba dan Nikmati

Dyan mengaku rasa maupun topping surabi bisa dibuat custom, sesuai dengan pesanan pembeli. 

"Kita ada 20 varian berbeda tapi kalau mau dicampur, dikolaborasikan mangga, terserah pembeli," katanya. 

Sementara itu seorang pembeli Surabi Gapura bernama Abid (15) mengaku sering membeli surabi di warung tersebut. Abid mengatakan, dia paling sering membeli surabi rasa fla durian. 

"Saya sering beli surabi di Surabi Gapura. Seringnya mah yang rasa fla durian, soalnya rasa duriannya itu bener-bener kerasa. Pokoknya enak deh," katanya saat di wawancara oleh AyoPurwakarta pada 4 Juli 2021. 

Selain surabi fla durian, Abid juga menilai surabi oncom menjadi menu yang memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan surabi fla durian.

"Yang oncom enak juga, jadi saya sering beli," ungkapnya. 

Surabi Gapura kang Dyan Purwakarta buka dari pukul 15.00 WIB hingga 20.00 WIB. Untuk harganya, berada di kisaran Rp5000-Rp15.000. Namun saat PPKM Darurat ini lapak Surabi kang Dyan buka lebih awal dan tutup lebih cepat dari biasanya untuk menaati aturan PPKM yang dicanangkan oleh Pemerintah guna menghindari penyebaran Covid-19 yang lebih masif.


 

AYO BACA : Penderita Diabetes Bisa Menikmati Susu Lho, Ini Syaratnya

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar