Yamaha

Dump Truk Terlibat Kecelakaan Tol Cipularang Kelebihan Muatan

  Selasa, 03 September 2019   Dede Nurhasanudin
Dump truk yang terlibat dalam kecelakaan beruntun Tol Cipularang. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

BUNGURSARI, AYOPURWAKARTA.COM -- Kapolres Purwakarta AKBP Matrius menyebut dump truk yang terlibat kecelakaan di ruas Tol Cipularang kilometer 91 kelebihan muatan.

Kondisi tersebut membuat kedua dump truk yang terlibat kecelakaan, sebelumnya menjadi sulit dikendalikan karena kondisi jalan menurun. Akibatnya, sistem pengereman tidak berfungsi maksimal.

"Dump truk mengangkut 34 ton tanah merah padahal kapasitasnya hanya 20 ton. Jadi, ada kelebihan muatan 14 ton," ujar Matrius, Selasa (3/9/2019).

AYO BACA : Kesaksian 'Ngeri' Tabrakan Beruntun Tol Cipularang

Matrius menyimpulkan itu setelah olah TKP di lokasi kejadian selesai digelar. Pembuktian itu juga diperkuat dengan pemeriksaan saksi-saksi, termasuk pengemudi dump truk berinisial SB.

"Sudah kami mintai keterangan untuk mengetahui hal itu, kalau secara keseluruhan masih kita dalami," kata dia.

Menurutnya, secara garis besar, terdapat dua kecelakaan yang terjadi. Pertama, kecelakaan dump truk dengan pengemudi DH yang kemudian meninggal dunia.

AYO BACA : Empat Korban Tabrakan Cipularang Belum Teridentifikasi

Truk yang dikemudikannya membawa tanah bahan baku keramik. Truk DH diduga mengalami rem blong, kemudian terguling dengan posisi kendaraan melintang di tengah badan jalan.

Akibat kejadian itu, lima kendaraan dari arah Bandung, lajunya menjadi terhenti. Tak berapa lama datang lagi dump truck yang dikemudikan oleh SB yang juga membawa muatan sama, yakni tanah untuk bahan baku keramik.

"Truk yang dikemudikan SB juga overload. Saat di jalan yang menurun, SB mengendalikan laju kendaraannya di posisi gigi enam. Kemudian dia melakukan engine brake ke posisi gigi lima dan empat," kata dia.

Namun karena truknya sama melebihi kapasitas, sistem pengereman truk tak berjalan mulus. Karena itu, kendaraannya kemudian menabrak lima kendaraan di depannya. "Lalu belasan kendaraan di belakang dump truk SB ini menabrak kendaraan itu," ucap dia.

AYO BACA : Polisi Belum Bisa Simpulkan Penyebab Laka Cipularang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar