Yamaha

Purwakarta Kekurangan Armada Pendistribusi Air Bersih

  Senin, 23 September 2019   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi -- puluhan warga tengah tengah mengantri menunggu giliran tempat air yang mereka bawa diisi petugas. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengakui jumlah armada untuk pendistribusian air bersih masih kurang.

Kondisi itu pun menjadi kendala dalam penanganan krisis air bersih yang dirasakan sejumlah masyarakat pada musim kemarau ini.

"Kita terkendala teknis, pemda tidak memiliki tanki, sedangkan tidak mungkin menggunakan kendaraan milik Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) karena selama ini mengandalkan tanki PDAM," kata Anne, Senin (23/9/2019).

Anne telah mengintruksikan Kepala DPKPB untuk mengirim surat permohonan peminjaman truk tanki ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar pendistribusian air bersih dapat disalurkan lebih cepat.
 
"Tiap hari 16 - 20 ribu liter bantuan air, mudah - mudahan pemprov bisa meminjamkan lebih dari lima kendaraan tanki," ujar dia.
 
Menurutnya, musim kemarau pada tahun ini cukup panjang membuat luasan daerah krisis air bersih cukup banyak. Ke depan pihaknya akan mencari solusi termasuk hal teknis.
 
"2020 dari awal sudah ada solusi termasuk memecahkan kendala teknis, karena kekeringan tahun ini diluar prediksi dan ke depan harus sudah siap," kata Anne.
 
Selama ini Pemkab Purwakarta telah menyiapkan anggaran untuk mengantisipasi bencana kekeringan, dimana masyarakat cukup memberikan permohonan baik melalui call center 112 atau langsung melalui DPKPB Purwakarta.

Sementara, Kepala DPKPB Purwakarta Wahyu Wibisono mengaku telah menjalankan intruksi dari bupati. Pihaknya juga telah berkirim surat ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk peminjaman armada pendistribusian air bersih.

"Sudah hari kamis kemarin kita kirim surat, mudah-mudahan terealisasi secepatnya," singkat Wibi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar