Yamaha

Sampah Rumah Tangga dan Eceng Gondok Dibersihkan di Bendungan Walahar

  Rabu, 29 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Pengerukan sampah dan eceng gondok di Waduk Walahar Karawang. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

KARAWANG, AYOPURWAKARTA.COM -- Perum Jasa Tirta II bekerja sama dengan Satgas Citarum dan sejumlah pihak lainnya membersihkan eceng gondok dan sampah rumah tangga di aliran Sungai Citarum di Bendungan Walahar, Karawang, Selasa (29/1/2020).

Dirut Perum Jasa Tirta II U Saepudin Noer mengatakan, pengangkatan sampah ini dilakukan agar kondisi air kembali bersih. Banyak di antara sampah-sampah itu menyangkut di pintu air sehingga mengganggu operasi bendungan. Jika tidak dikelola dengan baik, dikhawatirkan bendungan jebol karena volume air tak tersalurkan.

"Aliran sungai harus bersih dan bebas dari sampah dan eceng gondok," ujar dia.

Tak hanya itu, keberadaan eceng gondok dan sampah ini menghambat arus aliran air yang membuat kualitas air pun buruk, terlebih jika digunakan untuk keperluan sehari-hari.

"Jadi bendungan harus bersih untuk menjaga kualitias air juga," ujarnya.

Dia menyebut, keberadaan sampah di sini berasal dari hulu yang terbawa ke hilir ketika musim penghujan seperti ini. "Kalau kemarau justru sampah hilang," kata dia.

Dia berharap, ke depan aliran air di sekitar rumah warga tidak ditempatkan di belakang halaman rumah, melainkan di halaman depan, sehingga kondisi aliran air dapat terawat dan tidak menjadi tempat pembuangan sampah rumah tangga atau pun industri.

"Menjadikan sungai sebagai halaman depan rumah kita, bukan halaman belakang yang cenderung tidak terjaga kebersihannya. Ke depan diharapkan tidak ada lagi sampah-sampah yang menumpuk di pintu air atau bendungan-bendungan," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar