Yamaha

Anne Berharap Bulan Ini PT IBR Mulai Normalisasi Rawa Kalimati

  Senin, 03 Februari 2020   Dede Nurhasanudin
PT IBR menemui Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika untuk melaporkan soal normalisasi Rawa Kalimati, Senin (3/2/2020). (Ist)

PURWAKARTA KOTA, AYOPYRWAKARTA.COM -- Direksi PT Indo Bharat Rayon (IBR) Purwakarta melaporkan perkembangan proses pemulihan Rawa Kalimati ke Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Diketahui bahwa sebelumnya Rawa Kalimati mengalami pendangkalan akibat limbah yang di buang perusahaan tersebut.

"Kita berharap bulan ini bisa segera dimulai prosesnya. Mereka menargetkan bisa selesai pada Desember, Kenapa agak lama, karena ada sejumlah prosedur yang berkaitan dengan regulasi yang harus mereka penuhi," ujar Anne usai menerima kunjungan PT IBR di Kantor Pemkab Purwakarta, Senin (3/2/2020).

Anne mengapresiasi komitmen perusahaan berlokasi di DAS Citarum tersebut dengan membersihkan Rawa Kalimati. Menurutnya, pembersihan limbah di Kalimati sebagai bagian dari normalisasi Sungai Citarum.

"Normalisasi yang dilakukan PT IBR mendukung terciptanya program Citarum Harum yang digalakan pemerintah pusat," ujar dia.

Sementara, Humas PT IBR Irwan Setiawan mengatakan normalisasi Rawa Kalimati akan segera dilakukan. "Kita menunjuk vendor atau pihak ketiga yang nanti akan melaksanakan pekerjaan clean up Rawa Kalimati," kata Irwan.

Dalam rencana normalisasi Rawa Kalimati, sebelumnya PT IBR Purwakarta telah mensosialisasikan rencana pemulihan fungsi lingkungan hidup.

PT IBR telah mengundang perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, pemerintah desa dan kecamatan serta sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang peduli terhadap lingkungan. Namun, dalam konteks pemulihan, ada peraturan yang mesti ditempuh oleh pihak PT IBR.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar