Yamaha

Presiden Sajikan Minuman dari Ramuan Khusus untuk Tamunya

  Kamis, 12 Maret 2020   Republika.co.id
Presiden Joko Widodo dan Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia Mari Elka Pangestu. (@jokowi)

JAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Upaya preventif demi menangkal penyebaran virus corona (Covid-19) juga dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden mengaku tak lagi menyajikan minuman teh kepada tamu-tamunya, melainkan ramuan empon-empon alias jamu. 

Minuman herbal yang disajikan Jokowi berbahan dasar jahe, temulawak, serai, dan kunyit.

"Sekarang tamu-tamu saya kalau pagi, siang, dan malam saya beri minuman itu (jamu). Bukan teh, tapi temulawak, jahe, sereh, kunyit, campur jadi satu," ujar Jokowi di Istana Negara, Kamis (12/3).

Jokowi memang dikenal secara rutin meminun ramuan empon-empon setiap pagi. Jamu ini pula yang disebut Jokowi ampuh menjaga staminanya saat musim kampanye pilpres 2019 lalu. Saat itu, Jokowi tetap bugar meski agendanya sangat padat.

Menghadapi ancaman Covid-19 saat ini, Presiden Jokowi menaikkan frekuensi minum jamu yang ia rutin lakukan. Kini presiden meminum jamu atau ramuan empon-empon tradisional tiga kali sehari: pagi, siang, dan malam.

"Sekarang karena ada corona, saya minum pagi, siang, malam," jelas Jokowi.

Di hadapan para pengusaha pertanian, Jokowi juga mengingatkan bahwa tanaman rempah-rempah punya peluang yang besar untuk mendulang keuntungan. Apalagi saat ini, harga empon-empon melonjak 4-5 kali lipat dari harga normal. Sejak isu Covid-19 muncul, permintaan terhadap empon-empon memang naik tajam.

"Hati-hati sekarang ini harganya naik. Sampai 4-5 kali lipat. Ada jahe merah, temulawak, kunyit. Biasanya saya cari mudah. Kan saya tiap hari minum itu," kata presiden. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar