Yamaha

Pemprov Jabar Ajak Warga Karawang Jaga Sungai Citarum

  Jumat, 18 September 2020   Dede Nurhasanudin
Kabid IKP Diskominfo Jawa Barat, Lovita Adriana rosa saat memberikan sambutan pada acara FGD di aula Islamic Centre Karawang, Jumat (18/9/2020). (Ayopurwakarta.com/Dede Nursanudin)

KARAWANG, AYOPURWAKARTA.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Akselarasi Pola Hidup Bersih dan Sehat di sekitar DAS Citarum. FGD diselenggaran di aula Islamic Centre Kabupaten Karawang, Jumat (18/9/2020).

Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat Setiaji melalui Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Lovita Adriana rosa mengatakan, selama kegiatan berlangsung masyarakat diberikan pemahaman berkenaan urgensi menjaga lingkungan, termasuk Sungai Citarum dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Masyarakat yang mengikuti kegiatan ini diharapkan bersedia mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga Sungai Citarum dari pencemaran," ujar dia.

Menurutnya, menjaga lingkungan dapat diawali dalam diri masyarakat yang tinggal di aliran Sungai Citarum, untuk tidak membuang sampah atau limbah air rumah tangga langsung ke sungai.

Jika hal kecil itu saja dijalankan maka sudah mendukung program pemerintah mengembalikan kondisi Sungai Citarum.

"Sungai Citarum merupakan sumber kehidupan yang harus dijaga kebersihannya, maka dari itu kita sama-sama jaga sungai ini dengan baik," kata dia mengajak.

Seperti diketahui, Sungai Citarum mengalirkan air baku untuk kebutuhan domestik sekitar 27 juta penduduk.

Sungai Citarum terbentang sepanjang 297 kilometer dengan hulu di Situ Cisanti yang terletak di kaki Gunung Wayang, Kabupaten Bandung. Muaranya berada di Pantai Utara Pulau Jawa, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Aliran DAS Citarum ini melintasi 13 kabupaten/kota di antaranya Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Karawang, Purwakarta, Bekasi dan sebagian di Kabupaten Sumedang, Cianjur, Subang, Sukabumi, dan Garut.

Sementara, Kepala Seksi Desiminasi Informasi pada Diskominfo Kabupaten Karawang Atin Krisnanto mengatakan, Kabupaten Karawang merupakan salah satu daerah terlintasi Sungai Citarum.

Masyarakat yang mengikuti acara ini sekitar 50 orang berasal dari empat desa di Kecamatan Karawang Barat, yang terlewati aliran Sungai Citarum.

"Semoga melalui acara ini mampu merangsang mereka lebih peduli lingkungan dan menjaga Sungai Citatum dengan baik," singkat dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar