Pahami Hal-hal Ini Selama Jalani Diet

  Kamis, 05 November 2020   Republika.co.id
ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Menjaga kondisi tubuh tetap bugar adalah kewajiban setiap orang. Di antara itu, mengontrol berat badan alias diet, juga merupakan tuntunan agar kebugaran tetap terjaga.

Melansir Republika, jika ingin menurunkan berat badan, penting untuk mengikuti rencana yang tidak hanya efektif tetapi juga efisien. Berikut adalah beberapa tips penurunan berat badan yang diyakini tidak akan mengecewakan Anda.

Makan yang sehat
Panduan paling dasar untuk menurunkan berat badan dimulai dengan makanan yang Anda konsumsi. Banyak orang salah paham bahwa makan membuat mereka bertambah berat, padahal sebenarnya tidak demikian.

Masalah sebenarnya terletak pada pilihan makanan tidak sehat yang Anda buat. Karena itu, alih-alih mengonsumsi makanan olahan, Anda harus beralih pada makanan utuh. Selain mengatur insulin dan kadar gula darah, makanan utuh mengenyangkan dan memberi energi. Pada akhirnya, makanan tersebut akan mengontrol berat badan Anda.

Tetap terhidrasi
Air adalah salah satu sumber energi utama dalam tubuh. Mulai dari memperbaiki pencernaan hingga menghilangkan limbah dan racun dari tubuh, minum banyak air dapat membantu Anda membangun kekebalan.

Minum air sebelum makan dapat memuaskan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan. Alhasil, itu bisa membuat Anda tetap sehat dan menghindari karbohidrat dan lemak yang tidak sehat.

Jangan melewatkan makan
Anda mungkin berpikir bahwa melewatkan makan dan membuat diri kelaparan akan membantu menurunkan berat badan. Tetapi itu adalah mitos yang harus Anda hilangkan.

Melewatkan makan dan kurang makan, dapat menghambat metabolisme dan menyebabkan makan berlebihan. Alih-alih memotong asupan makanan, Anda harus belajar menyeimbangkan keinginan makan dengan porsi kecil. Selain itu, melewatkan jam makan hanya akan membuat Anda lemas dan lesu.

Rencanakan porsi Anda
Dalam hal penurunan berat badan, Anda harus sangat strategis dan bijaksana tentang porsi makanan yang dikonsumsi. Anda harus memastikan tidak makan berlebihan atau kurang makan. Sangat penting bagi Anda untuk mencocokkan asupan karbohidrat dengan kebutuhan energi tubuh Anda dan harus memastikan diet seimbang yang sehat.

Terlibat dalam masakan rumah
Saat ini, banyak orang lebih suka makan di luar dan/atau memesan makanan dari restoran. Jika Anda sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan secara efisien, maka harus membuat masakan rumahan.

Makanan rumahan selalu sehat dan bergizi. Sebab, Anda mengetahui bahan-bahan yang dimasukkan dan jauh lebih sadar akan jumlah karbohidrat dan lemak. Hal itu pada gilirannya membuat Anda terus memeriksa ukuran porsi Anda. Selain itu, kebiasaan ini juga menghemat banyak uang.

Hindari alkohol
Selain mengandung kalori dan mampu menghilangkan kesadaran Anda, alkohol juga merangsang nafsu makan.

Jangan memaksakan pantangan diet
Banyak orang cenderung percaya bahwa menerapkan batasan diet pada diri sendiri dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, bukan itu masalahnya.

Apabila Anda membebani diri sendiri dengan aturan dan batasan, ada kemungkinan besar Anda akan meninggalkan tujuan penurunan berat badan dan kembali pada kebiasaan lama dan tidak sehat. Oleh karena itu, alih-alih memaksakan batasan, perlakukan diri Anda sesekali, sehingga Anda merasa segar dan diisi dengan serangkaian tujuan baru. Seiring waktu, Anda akan mengembangkan rasa tanggung jawab.

Belajar untuk mengevaluasi garis tipis antara lapar tubuh dan lapar pikiran
Sering kali, seseorang gagal membedakan antara tuntutan tubuh dan pikiran. Saat lapar secara fisik, biasanya kita mengalami geraman tiba-tiba di perut dan/atau rasa tidak nyaman di dada.

Namun, lapar pikiran tidaklah sama. Ini dipicu oleh kebiasaan, indera, emosi, dan lingkungan. Karena itu, penting untuk mengevaluasi perbedaan antara kebutuhan fisik dan keinginan. Hanya dengan begitu, Anda bisa lebih sadar.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar