Yamaha

MPP Purwakarta Diberi Nama Bale Madukara, Ini Penjelasannya

  Senin, 07 Desember 2020   Dede Nurhasanudin
Gedung MPP Bale Madukara Purwakarta (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)
PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Purwakarta telah diresmikan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, Senin (7/12/2020).
 
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, MPP ini diberi nama Bale Madukara. Menurut Anne penamaan ini memiliki arti tersendiri. 
 
Kata Anne, Bale berasal dari bahada Sunda yang berarti bangunan atau gedung. Madu merupakan akronim dari manajemen perayanan terpadu, sedangkan Kara merupakan akronim Purwakarta istimewa.
 
"Jadi Bale Madukara memiliki arti sebagai bangunan atau gedung tempat penyelenggaraan pelayanan publik, yang terpadu dan terintegrasi guna mewujudkan Purwakarta istimewa," kata Anne dalam sambutan peresmian MPP Bale Madukara Purwakarta.
 
Anne menjelaskan, Maduka sendiri berasal dari seni pewayangan yang sengaja diambil dari wayang dan juga batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.
 
Pewayangan dan batik ini juga dijadikan elemen estetika yang mewarnai Bale Madukara, khususnya ornamen wayang golek dan batik khas Purwakarta.
 
"Tentu saja sejakan dengan upaya kami dalam menerapkan dan melestarikan nilai-nilai kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan Sunda dalam kebijakan pembangunan yang kami jalankan selama ini di Purwakarta," ucap dia.
 
Upaya ini juga telah mendapat apresiasi dengan diberikannya anugerah kebudayaan Indonesia 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 
"MPP Purwakarta memiliki selogan Bale Madukara Pelayanan Ksatria," ujar Anne.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar