Yamaha

Mobilitas Jadi Kendala Pendistribusian Bansos Tahap IV Jabar

  Kamis, 31 Desember 2020   Nur Khansa Ranawati
Warga mengambil Bantuan Sosial (Bansos) Provinsi Jawa Barat tahap 4 di Kantor Pos Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (29/12/2020). Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendistribusikan bansos tunai senilai Rp100.000 untuk 1.903.383 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KTRS) penerima bansos tersebut. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Pendistribusian bantuan sosial (bansos) tahap IV Provinsi Jawa Barat telah selesai. Persentase bansos yang berhasil diserahkan sebesar 94,95%.
 
Dari total 1.903.583 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) penerima bansos, terdapat 96.106 bansos yang gagal serah. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jabar Dodo Suhendar mengatakan mobilitas masyarakat yang mulai tinggi menjadi salah satu kendala dalam penyaluran bansos tahap IV.
 
"Mobilitas menjadi salah satu kendala penyaluran. Saat petugas mengunjungi rumah penerima, penerima tidak berada di lokasi tempat tinggal. Ada juga penerima yang sudah tidak tinggal di lokasi, terutama yang mengontrak," kata Dodo diberitakan Ayobandung.com, Kamis (31/12/2020).
 
Kendala lain dalam penyaluran bansos tahap IV, kata Dodo, adalah waktu penyaluran yang singkat. Pendistribusian bansos sendiri berlangsung pada Rabu (23/12/2020) sampai Rabu (30/12/2020).
 
Selain itu, pergantian kepala desa juga menyebabkan beberapa desa terlambat dalam memulai distribusi bansos.
 
"Ada beberapa transisi kekosongan kepala desa sehingga desa tersebut terlambat memulai pendistribusian bansos," ucapnya.
 
Guna mempercepat pendistribusian, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar melibatkan PT Pos Indonesia, bank bjb, dan Bank Mandiri selain melalui pihak desa. Sejauh ini, pihak kelurahan/desa mendistribusikan bansos langsung ke rumah warga maupun menggelar pembagian secara terpusat.
 
"Kami berkomitmen agar pendistribusian bansos tahap IV tidak menimbulkan kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan dengan cepat," ungkapnya.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar