Yamaha

Menkes Janjikan Vaksin Covid-19 Sudah Bisa Terdistribusi ke Seluruh Provinsi

  Kamis, 31 Desember 2020   Icheiko Ramadhanty
ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Vaksin Sinovac tahap 2 telah tiba di tanah air pada Kamis (31/12/2020). Vaksin kali ini berjumlah 1.8 juta dosis yang kembali diangkut oleh maskapai Garuda Indonesia. Sehingga, Indonesia telah mendapatkan total 3 juta dosis vaksin Sinovac.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa vaksin tersebut sudah dapat didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia sebelum masyarakat kembali bekerja pada Januari nanti.

AYO BACA : Malam Tahun Baru Jalan Protokol Purwakarta Tutup, Ini Rekayasa Pengalihannya

“Kami harapkan sebelum rakyat kembali masuk bekerja di bulan Januari. Insyallah vaksin ini sudah bisa didistribusikan ke 34 provinsi Indonesia. Untuk bisa kita mulai program vaksinasinya untuk tenaga kesehatan kita,” ujar Budi dalam keterangan persnya, Kamis (31/12/2020).

Budi menuturkan, program vaksinasi Covid-19 adalah salah satu strategi utama untuk menyelesaikan masalah pandemi. Untuk itu, kata dia, diperlukan waktu lebih dari 12 bulan untuk dapat menyelesaikan program vaksinasi ini.

AYO BACA : Sepanjang 2020, Polres Purwakarta Tangani 1.004 Tindak Kriminal

Di kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membeberkan bahwa dalam waktu dekat, diharapkan 15 juta dosis bulk vaccine (vaksin dalam bentuk curah) dari Sinovac juga akan tiba di Indonesia.

Selain mengamankan vaksin Sinovac, kata Retno, Indonesia juga berhasil mengamankan supply vaksin AstraZeneca dan Novavax. Jumlah masing-masing dari dua vaksin ini sebesar 50 juta dosis.

Sebagai informasi, vaksin Novavax dikembangkan dengan menggunakan platform protein sub-unit/recombinant. Vaksin ini berasal dari Amerika Serikat.

Lalu untuk vaksin Astra Zeneca dikembangkan dengan menggunakan platform viral vector. Vaksin ini berasal dari Inggris.

“Secara parallel, pembicaraan berkesinambungan saat ini juga sedang dilakukan dengan Pfizer yang berasal dari Amerika Serikat dan Jerman,” tutur dia.

AYO BACA : Indonesia Sudah Kantongi 3 Juta Dosis Vaksin Sinovac

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar