DPKPB Purwakarta Siagakan Peralatan Antisipasi Bencana Alam

  Senin, 25 Januari 2021   Dede Nurhasanudin
Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)
PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta telah menyiagakan peralatan untuk penanggulangan bencana alam. Mengingat sejumlah titik di wilayah ini rawan terjadi bencana pada musim penghujan ini.
 
Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, peralatan yang telah disiapkan di antaranya perahu karet, alat selam, alat berat yang dibantu dari dinas teknis, dapur umum, termasuk tim dan peralatan kesehatan.
 
“Ini sebagai antisipasi, mudah-mudahan bencana alam tidak terjadi,” ujar dia, Senin (25/1/2021).
 
Selain itu, pihaknya telah menguatkan komunikasi dengan seluruh pihak terkait, termasuk menyiagakan pasukan gabungan terdiri dari unsur TNI/Polri, BPBD, Tagana, termasuk relawan dari forum relawan penanggulanga bencana dan pramuka.
 
"Jika bencana alam terjadi kami terjun ke lokasi, tapi diharapkan hal itu tidak terjadi," kata dia.
 
Untuk wilayah zona merah pergerakan tanah tersebar di sejumlah desa di 13 dari 17 kecamatan yang ada. Seperti Kecamatan Cibatu, Darangdan, Jatiluhur, Kiarapedes, Wanayasa, Pondoksalam, Pasawahan, Sukasari, Sukatani, Maniis, Tegalwaru, Plered dan Kecamatan Purwakarta kota.
 
Sementara wilayah masuk dalam zona kuning berada di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Babakancikao dan Bojong.
 
“Kalau kategori sedang-rendah di Kecamatan Campaka dan Bungursari,” kata pria akrab disapa Wibi itu.
 
Ia mengimbau kepada masyarakat tetap waspada ketika turun hujan apalagi jika intensitasnya tinggi karena dikhawatirkan bencana alam longsor terjadi terutama pada wilayah rawan pergerakan tanah.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar