Yamaha

Update Zona Merah Covid-19 di Jabar Pekan Ini

  Senin, 08 Februari 2021   Republika.co.id
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Daerah di Jawa Barat yang masuk dalam zona merah Covid-19 disebut tinggal menyisakan Kota Bogor. Sebelumnya ada delapan daerah yang masuk dalam zona merah di Jabar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Wali Kota Bogor, Bima Arya, tengah melakukan berbagai cara menekan penyebaran virus sehingga Bogor keluar dari zona merah Covid-19.

"Untuk Karawang yang sebelumnya selalu ada di zona merah sekarang sudah tidak lagi," ujar Ridwan Kamil dalam konferensi pers di Makodam III Siliwangi, Senin (8/2).

Ridwan Kamil juga menyebut tingkat kedisplinan penggunaan masker di Jabar naik menjadi 85,4%. Sedangkan kedisiplinan masyarakat menjaga jarak ketika berada di luar rumah menjadi 83,8%. 

"Tingkat kepatuhan penggunaan masker paling baik ada di Kabupaten Bandung," katanya.

Kemudian, kata dia, untuk kepatuhan jaga jarak Kabupaten Bandung pun masih paling baik. Sementara yang kurang patuh dalam menjaga jarak ada di Kabupaten Garut.

Berita baik lainnya, kata Ridwan Kamil, tingkat keterisian tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit Jabar sekarang tinggal 63%. Di mana sebelumnya tingkat keterisian sempat menyentuh angka 80%. "Ini menandakan orang yang sakit Covid-19 secara nyata di Jabar itu menurun," katanya.

Terkait data Kementerian Kesehatan yang dirilis, Ridwan Kamil mengklaim ada beberapa yang tidak tepat karena masih memakai data lama. Ridwan Kamil mencontohkan, beberapa hari kemarin ada rilis di mana penambahan kasus di Jabar per hari mencapai 3.000. Namun, 2.000-an kasus tersebut merupakan data lama yang baru dipublikasikan Kemenkes.

"Janji dari Kemenkes pertengahan Februari perbedaan data ini akan selesai, Sehingga yang dilaporkan adalah benar-benar kasus harian dari laboratorium," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar