Yamaha

Air Hangat Bisa Sembuhkan Covid-19, Fakta atau Hoaks?

  Jumat, 12 Februari 2021   Republika.co.id
ilustrasi -- Minum air (Pixabay)

JAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Pasien Covid-19 tidak bisa sembuh hanya dengan konsumi air hangat empat kali sehari dan minum air 2,4 liter sebagai tambahan. Informasi tersebut berkategori menyesatkan atau hoaks. Hal tersebut ditegaskan Satgas Covid-19. 

Ketua Satgas Covid-19 IDI, Zubairi Djoerban, mengatakan, minum empat gelas air hangat dan dibantu air 2,4 liter tidak akan bisa menyembuhkan Covid-19. Menurutnya, pengobatan Covid-19 sudah ada tata caranya sesuai ilmiah.

Bila ada mereka yang percaya kabar tersebut, ia nilai bisa jadi karena banyaknya pengalaman pasien OTG. "Yang tanpa obat apapun dinilai akan sembuh,’’ katanya.

Apakah minum air hangat, pakai minyak kayu putih, dan obat apapun, memang akan sembuh jika untuk OTG. Tapi, secara umum minum air hangat tidak akan menyembuhkan Covid-19.

Sementara itu, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, juga menampik kabar minum air hangat akan menyembuhkan Covid-19. Upaya untuk menyembuhkan Covid-19 dengan gejala berat atau kritis adalah dengan menggunakan obat-obatan dari dokter.

‘’Sesuai dengan dosisnya,’’ tutur Wiku.

Wiku menambahkan, saat ini yang terpenting adalah untuk mencegah diri agar tidak tertular penyakit infeksi tersebut. ‘’Imunitas kita harus tinggi,’’ tambah dia.

Cara menjaga agar imunitas tubuh tinggi, kata Wiku, adalah dengan menjaga keseimbangan antara istirahat dan olahraga teratur. Selain makan makanan bergizi seimbang. ‘’Ketiga hal itu harus dilakukan secara seimbang,’’ ucap Wiku.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, juga menegaskan jika kabar air hangat sembuhkan Covid-19 adalah tidak benar. Dia meminta agar masyarakat tidak percaya kabar yang tidak tentu kebenarannya.

Dia juga menyarankan agar publik bisa mencegah penularan virus dengan 3M. "Upaya pencegahan Covid-19 adalah tidak boleh kendor melakukan 3M,’’ kata Siti.

Lanjut Siti, hal tersebut juga harus diiringi dengan menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. Selain dengan memastikan perilaku hidup bersih dan sehat.

Sebelumnya, narasi pengobatan Covid-19 saat ini banyak beredar di media sosial. Salah satunya, metode dengan minum air hangat empat kali sehari hingga kondisi membaik, dan dibantu dengan minum air mineral biasa sebanyak 2,4 liter sehari.

Berikut pesan yang viral tersebut:

Alhamdulillah
Obat covit telah ditemukan dan semua orang punya di rumah masing2.
Hanya dengan minum 4 gelas air hangat 4x sehari, sampai kondisi membaik dan dibantu minum air 2,4 liter per hari.
Jika kena covid, darah jadi mengental. Fungsi air… melancarkan peredaran darah.
Efek samping,,,,sering buang air kecil terus. Coba bayangkan, orang sakit itu tak berkeringat, jika minum air hangat apa yang terjadi. badan berkeringat, kita punya tenaga.

kabar baik ini semoga bermanfaat

TERIMA KASIH

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar