Kapolda Jabar Optimis Perpanjangan PPKM Mampu Turunkan Penyebaran Covid-19

  Selasa, 09 Maret 2021   Dede Nurhasanudin
Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri saat memantau PPKM di Kelurahan Nagri Kaler. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri optimis perpanjangan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Barat mampu menekan laju penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Kapolda ketika memantau PPKM di Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta, didampingi Anne Ratna Mustika selaku bupati juga AKBP Ali Warga selaku Kapolres, Selasa (9/3/2021).

"Jadi kalau kita lihat perkembangan terakhir dengan dibentuknya posko terpadu yang ada di Kelurahan ini, PPKM Mikro ini betul-betul secara nyata bisa menurunkan angka penyebaran Covid-19 di Purwakarta. Begitu juga di Jabar kami optimis," kata Dofiri.

Disinggung akan adanya pengetatan terkait perpanjangan PPKM, Dofiri mengaku hal itu akan diterapkaN dengan melihat status daerahnya itu sendiri. Pengetatan dilakukan di daerah yang masuk zona merah penyebaran Covid-19, semisal harus memperlihatkan hasil swab antigen.

"Ketika penanganan di kelurahan dan desa sudah memantau langsung, penetrasinya akan lebih cepat. Jadi lebih memudahkan penanganannya," ujar dia.

Terkait penanganan pada long weekend, lanjut dia memperketat di beberapa tempat. Destinasi wisata tetap protokol kesehatan harus dipenuhi meski jauh-jauh hari pemerintah sudah menganjurkan tidak berpergian.

Akan tetapi, dia menilai, kecenderungan orang tidak menutup kemungkinan akan berpergian ke luar kota seperti ke beberapa tempat wisata favorit di Jabar mulai dari Puncak, Pangandaran, hingga Bogor.

"Bahkan Bandung sendiri kita lebih ketat terhadap operasi yustisi untuk menindak mereka yang berkerumun, kemudian juga restoran-restoran yang menyalahi daripada ketentuan,  maka secara otomatis satgas Covid-19 akan bertindak," ujar Dofiri.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar