BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Musim Peralihan

  Kamis, 18 Maret 2021   Idham Nur Indrajaya
Cuaca Ekstrem. (istimewa)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Badan Meteorologi dan Geofisika Bandung mengimbau masyarakat Jawa Barat untuk berhati-hati dengan fenomena cuaca yang berlangsung dari bulan Maret hingga April. Menurut pantauan BMKG, pada rentang waktu itu wilayah Jawa Barat tengah berada di musim peralihan yang berpotensi hadirkan cuaca ekstrem.

“Dari bulan Maret sampai April, Jabar memasuki musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau,” ujar Prakirawan Cuaca BMKG Bandung Yan Firdaus melalui pesan singkat, Kamis (18/3/2021).

Menurut Yan, musim peralihan menjadi momen yang harus diwaspadai karena potensi bencana yang meliputinya. Puting beliung, angin kencang, hujan angin, dan hujan yang disertai kilat merupakan beberapa di antara fenomena cuaca yang sewajarnya terjadi pada musim peralihan.

Yan pun menjelaskan soal dinamika hujan yang tidak memiliki pola tetap sehingga perubahan cuaca pun relatif terjadi dalam waktu yang cepat. Perubahan cuaca yang relatif cepat itu pun semakin menuntut adanya peringatan bagi warga Jawa Barat untuk bisa lebih menjaga imun tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit.

Sementara itu, musim hujan untuk wilayah Jawa Barat sudah melalui momen puncaknya pada Februari. Namun, hujan masih bisa mengguyur Jabar walaupun intensitasnya tidak setinggi sebelumnya dan masih memiliki tingkat resiko bencana tinggi. Di Jawa Barat saja, untuk sementara ini diperkirakan hujan deras beserta angin kencang dan kilat akan mengguyur hingga tanggal 19 Maret. 

Pandemi yang tengah berlangsung saat ini pun semakin memperkuat alasan bagi warga Jabar untuk selalu menjaga kesehatan di saat musim peralihan. Pasalnya, cuaca yang berubah-ubah dalam tempo yang relatif singkat lebih berpotensi untuk menurunkan imun tubuh sehingga virus pun lebih mudah menjangkit.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar