Es Kelapa Djoeragan Dawegan, Minuman Segar Pelepas Dahaga

  Sabtu, 10 April 2021   Dede Nurhasanudin
Es Kelapa Djoeragan Dawegan. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Suasana Ramadan sudah mulai terasa dengan banyak bermunculan pedagang makanan dan minuman khas, seperti timun suri es buah atau lainnya.

Sebetulnya, makanan dan minuman ini tergolong biasa hanya saja terbilang jarang.

Tapi di bulan Ramadan, makanan dan minuman ini terlihat lebih menggiurkan dan banyak diburu orang.

Seperti halnya es kelapa muda atau es degan menjadi salah satu minuman favorit masyarakat untuk mengawali berbuka setelah seharian berpuasa.

Air dan serutan daging kelapa muda dicampur es memiliki daya tarik sendiri untuk mengusir dahaga karena menyegarkan, walau diminum langsung tanpa tambahan bahan lain.

Seorang Pria energik asal Kabupaten Purwakarta, Firnandes (33) berjualan es degan dengan citarasa yang khas.

Lapak berjualan es degan milik Firnandes dinamai Djoeragan Dawegan dengan menyediakan berbagai varian rasa, seperti rasa original, mocca, coco pandan, jeruk, melon, stroberi hingga mangga. 

"Banyak pilihannya ya, untuk memberikan pilihan selera pembeli, yang jelas di Djoeragan Dawegan ini pake bahan alami dan gak pake gula biang," kata dia, Sabtu, 10 April 2021.

Sajian menu es degan di Djoeragan Dawegan, kata Nandes, juga berbeda dengan yang lain karena tersedia dua macam, yakni campuran selasih dan perasan jeruk nipis.

Daging kelapa yang digunakan juga terlihat cukup banyak, sehingga bisa mengganjal perut lapar dengan segelas es degan di Djoeragan Dawegan.

"Harga segelasnya Rp8.000 dan Rp10.000 untuk satu gelas plus-plus. Kami juga menyediakan Kelapa obat, yakni kelapa cupat merah yang saya jual Rp20.000," kata pria akrab disapa Nandes.

Bagi yang penasaran ingin mencoba minuman segar Djoeragan Dawegan dapat datang ke lapang jualan berlokasi di Jalan Kolonel Rahmat, Kampung Tegaljunti, Kelurahan Tegalmunjul, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB.

"Kalau ramadan nanti buka pukul 15.00 WIB sampai pukul 22. 00 WIB," ujar Nandes.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar