Yamaha

Purwakarta Kini Telah Miliki Perda PPA

  Senin, 26 April 2021   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi anak. (Ayobandung.com)
PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- DPRD Kabupaten Purwakarta telah mengesahkan rancangan peraturan daerah menjadi peraturan daerah (Perda) tentang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) dalam sidang paripurna beberapa waktu lalu.
 
Anggota DPRD Komisi I Kabupaten Purwakarta Devi Mutiara Sari mengatakan, pengesahan Perda PPA didahulukan karena berdasarkan data dari dinas terkait kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) meningkat.
 
Perda PPA ini bagian dari payung hukum untuk memastikan hak-hak dasar perempuan dan anak terjaga. "Sekarang tinggal ditindaklanjuti Perbup," kata dia, Senin (25/4/2021).
 
Dalam Perda ini, dimasukkan ketentuan mengenai larangan-larangan hingga sanksi, seperti sanksi administrasi berupa peringatan hingga pencabutan izin praktik bisa dikenakan kepada petugas kesehatan yang kedapatan menolak memberikan pelayanan kepada korban.
 
Di luar itu, juga disinggung sanksi pidana bagi mereka yang dianggap melakukan pelanggaran di antaranya dengan mempekerjakan anak (usia di bawah 18 tahun). "Jadi, setelah adanya Perda ini perempuan dan anak lebih aman," ujar politiki Partai Nasdem itu.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar