Yamaha

Berkah dan Manfaat Sahur walau dengan Seteguk Air

  Selasa, 27 April 2021   Idham Nur Indrajaya
ilustrasi Sahur.

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei menyarankan agar muslim yang menjalani ibadah saum mengusahakan sahur sebagai salah satu agenda prioritas di bulan Ramadan. Pasalnya, sahur di bulan Ramadan dapat menambah pahala dalam menjalani saum itu sendiri.

Rachmat Syafei memberikan tanggapan soal orang yang menjalani ibadah saum tanpa sahur. Menurut Rachmat, saum tanpa sahur tetap sah, tapi yang menjalaninya kurang mendapatkan berkah. "Puasanya sah, namun berkahnya kurang atau bahkan tidak ada," ujar Rachmat melalui pesan singkat, Sabtu, 24 April 2021.

Rachmat pun menekankan, sahur adalah perintah nabi yang sebaiknya dilaksanakan oleh orang yang hendak bersaum. Bahkan, Allah Swt dan malaikat akan bersalawat kepada orang yang melaksanakan sahur dalam ibadah saumnya. "Menurut perintah Nabi, bersahurlah walaupun dengan seteguk air. Sesungguhnya pada sahur mengandung berkah, dan sesungguhnya Allah beserta para malaikat berselawat kepada orang yang bersahur," ujar Rachmat.

Sahur kerap kali menjadi agenda yang terlewatkan oleh beberapa orang tertentu yang menjalankan ibadah saum. Khususnya untuk orang yang tinggal sendirian sehingga tidak ada orang yang membantu membangunkan saat waktu sahur tiba.

Muhammad Dikdik Ripaldi, seorang penghuni kos-kosan di Coblong, seringkali melewatkan sahur karena rasa kantuk yang menyerangnya. Untuk sahur, dia pun harus keluar dari kos untuk membeli makanan karena dirinya tidak ada waktu untuk menyiapkan bahan makanan karena jadwal kerjanya yang cukup padat.

"Kalau saya, yang paling sering bikin saya jadi nggak sahur itu karena ngantuk. Kalau di rumah kan bahan-bahan makanan sudah ada, jadi lebih mudah," ujar Dikdik kepada Ayobandung.com, Sabtu, 24 April 2021.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar