Yamaha

Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar dan Keistimewaannya

  Rabu, 28 April 2021   Adi Ginanjar
Iustrasi itikaf di masjid untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar

AYOPURWAKARTA.COM--Malam Lailatul Qadar merupakan sebuah peristiwa yang ditunggu-tunggu umat Muslim pada bulan Ramadan.

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bahkan, umat Muslim berlomba-lomba untuk mendapatkannya di malam ganjil 10 terakhir bulan Ramadan dengan itikaf di masjid.

Malaikat Jibril Turun ke Bumi

Malaikat Jibril memimpin iring-iringan malaikat turun ke bumi mencari dan meyapa orang orang yang sibuk beribadah di malam Lailatul Qadar. 

Syekh Abdul Qadir Al Jailani dalam kitabnya Al-Ghunyah menerangkan, tentang malaikat Jibril yang memimpin iring-iringan malaikat, sebagai berikut. 

"Artinya para malaikat berpencar menuju rumah-rumah besar atau kecil di hutan atau di atas kapal, di mana saja orang yang beriman berada untuk kemudian mereka mengucapkan salam serta berjabat tangan dengannya," katanya.

AYO BACA: Sejarah, Doa, hingga Amalan Nuzulul Quran
AYO BACA: Keajaiban Sedekah
AYO BACA: Larangan Mudik Direvisi, Ini Titik Penyekatan di Purwakarta

Namun para malaikat tidak mengunjungi rumah-rumah yang di dalamnya terdapat anjing atau babi, atau karena perbuatan haram dan gambar makhluk hidup. Banyak kaum Muslimin yang sengaja memasang gambar-gambar sebagai hiasan di rumahnya. "Sehingga mereka terhalang dari mendapatkan nikmat dan rahmat yang besar ini," katanya.

Terkadang hanya seorang saja yang memasang gambar itu pemandangan menyebabkan malaikat Rahmat terhalang memasuki rumahnnya Sehingga seluruh penghuni rumah itu juga terhalang dari rahmatnya. 

AYO BACA : Bacaan Doa Puasa Ramadan

Bahkan kata Syekh Zakariyya, Syekh Ibrahim bin Adham, bahkan tidak tidur sama sekali pada bulan Ramadan, baik pada siang maupun malam hari. Imam Syafi'I, bisa menghatamkan Alquran 60 kali selama bulan Ramadan dalam salat.  "Selain mereka masih banyak cerita para waliyullah seperti ini," katanya.

Tujuannya, mereka mengamalkan amalan itu adalah bagian dari perintah Allah di dalam Alquran surat Adz Dzaariyat ayat 56: 

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ Dan tidaklah Aku jadikan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku."

AYO BACA: Urutan Surat Pendek yang Dibaca Ketika Salat Tarawih
AYO BACA: Jenis-jenis Kurma yang Populer di Indonesia
AYO BACA: Salat Tarawih Berapa Rakaat? Ini Dalil dan Tata Caranya

Lantas, apa keistimewaan malam Lailatul Qadar? 

Lailatul Qadar jatuh pada salah satu malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Lailatul Qadar bahkan difirmankan oleh Allah Swt. menjadi malam yang lebih baik dari seribu bulan. Jika dihitung, malam seribu bulan berarti lebih baik daripada 83 tahun 4 bulan.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

1. Lebih Baik dari Amalan Seribu Bulan

Amalan-amalan yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar lebih baik daripada amalan-amalan yang dilakukan dalam seribu bulan. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al Qadar ayat tiga, “malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

2. Malam Penuh Berkah

AYO BACA : Waktu Puasa Tercepat dan Terlama di Dunia

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang dipenuhi keberkahan di dalamnya. Dalam surat Ad-Dukhan ayat ketiga dijelaskan bahwa Kami menurunkan pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberikan peringatan.

3. Turunnya Malaikat ke Bumi

Pada malam Lailatul Qadar, malaikat turun ke bumi. Turunnya malaikat ke bumi menandakan turunnya berkah dan rahmat. Sebagaimana malaikat turun ketika ada yang membacakan Alquran, mereka akan mengitari orang-orang yang berada dalam majelis zikir-yaitu majelis ilmu-. Dan malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena malaikat sangat mengagungkan mereka.

4. Penuh Keselamatan

Malam Lailatul Qadar penuh keselamatan dan setan diikat oleh Allah. Dalam surat Al-Qadar ayat kelima dijelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.

5. Penulisan Takdir dalam Setahun di Lauhul Mahfuzh

Pada malam Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rizki, serta akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun.

6. Allah Mengampuni Dosa Masa Lalu

Allah akan mengampuni segala dosa bagi umat muslim yang menghidupkan malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan. Hadis Bukhari dan Muslim menjelaskan barangsiapa melaksanakan salat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

Itulah keistimewaan malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan yang perlu diketahui oleh umat Muslim.

AYO BACA : 7 Amalan Penting saat Ramadan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar