Yamaha

Vaksinasi Covid-19 Lansia di Purwakarta Masih Rendah

  Rabu, 28 April 2021   Dede Nurhasanudin
Vaksinasi Covid-19 Lansia. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Purwakarta sudah menyasar kalangan lanjut usia (lansia). Namun hingga saat ini Rabu 28 April 2021 progresnya masih rendah, kisaran 1%.

Hal itu diakui Ketua Harian Gugus Tugas (GTPP) Covid-19 Purwakarta, Iyus Permana yang menyebut jumlah lansia yang mengikuti vaksinasi baru mencapai 1.768 orang.

"Vaksin lansia di Purwakarta baru didistribusikan pada 8 April 2021 lalu, sehingga saat ini masih dalam tahap proses pelaksanaan. Dosis pertama untuk lansia sampai hari ini sebanyak 1.455 orang atau sekira 1.62% dan pada dosis kedua ada 313 orang atau 0,35%," ujar dia.

Adapun pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia sangatlah berbeda karena perlu adanya screening kerapuhan. 

Lansia yang lolos tes kesehatan adalah mereka yang tak miliki penyakit komorbid atau penyakit bawaan lebih dari dua jenis.

"Bisa jalan tanpa dibantu sekitar 200 meter dan tidak terengah-engah. Bisa naik tangga 10 anak tangga tanpa merasa keluhan sulit bernapas, sesak, atau kelelahan," ungkap pria yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta itu.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada lansia adalah tidak pernah alami penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya dalam satu bulan terakhir.

"Paling penting tidak terpapar corona dalam tiga bulan terakhir dan berusia lebih dari 60 tahun. Lansia ternyata banyak yang tak mau ke rumah sakit untuk vaksinasi. Jadi kami sebar di 20 pusat kesehatan masyarakat (PKM)," ujar Iyus.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar