Yamaha

Ternyata Banyak Manfaat Menulis dengan Tangan Untuk Anak-anak

  Jumat, 30 April 2021   Republika.co.id
Anak-anak menulis dengan tangan. (pixabay)

LENGKONG, AYOPURWAKARTA.COM -- Kemudahan teknologi seolah menggantikan kegiatan menulis dengan tangan menjadi tulisan digital melalui smartphone atau laptop. Tetapi dari hasil penelitian menunjukkan bahwa menulis tangan bermanfaat untuk keterampilan penting dan memiliki beberapa manfaat, terutama bagi anak-anak.

Dari membantu anak-anak meningkatkan daya ingat, hingga meningkatkan kreativitas mereka, menulis dengan tangan dinilai dapat meningkatkan keterampilan perkembangan utama bagi anak-anak.

Dikutip dari Asiaone, berikut tujuh manfaat menulis manual dengan tangan.

1. Meredakan stres, depresi, dan kecemasan
Menulis dengan tangan meningkatkan aktivitas di bagian otak yang mirip dengan meditasi. Faktanya, penelitian mengungkapkan bahwa menulis tentang pengalaman stres dapat menghasilkan lebih banyak manfaat terapeutik seperti menghilangkan stres dan memerangi pikiran depresi.

Ketika menulis tentang perasaan yang dirasakan setiap hari selama 15 sampai 30 menit, dapat menghasilkan manfaat kesehatan fisik dan mental yang terukur.

2. Meningkatkan fokus
Jika anak sulit berkonsentrasi, disarankan untuk melakukan latihan tulisan tangan. Seperti menuliskan pemikiran mereka atau sekadar menggambar atau menulis beberapa kalimat di buku catatan.

Menulis dengan tangan tidak hanya membantu anak-anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), tetapi juga membantu anak-anak untuk meningkatkan konsentrasi mereka secara umum. Ini karena proses menulis menggunakan bagian tertentu dari otak yang berfungsi sebagai penyaring. Ini memblokir informasi yang tidak relevan dan membantu penulis fokus.

3. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata
Menulis dengan tangan juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan koordinasi tangan dan mata anak. Gerakan untuk setiap huruf berbeda, jadi ini lebih menuntut mental daripada menekan tombol untuk setiap huruf di keyboard.

4. Membantu mengekspresikan lebih baik
Kadang-kadang, anak-anak merasa sulit untuk menyampaikan perasaan atau ekspresi tertentu. Tetapi dia dapat berkomunikasi dengan lebih baik dengan menuangkan lewat pena dan kertas. Menulis dengan tangan membantu menghindari perasaan terikat dan kesulitan bicara.

5. Merangsang otak
Menulis dengan tangan menggunakan lebih banyak otak dan mengintegrasikan pemikiran, gerakan, dan sensasi. Menulis dengan tangan juga dapat meningkatkan ingatan seseorang dan bantu mempertahankan informasi yang lebih baru untuk waktu yang lebih lama. Jadi, tulisan tangan melibatkan pengalaman motorik sensorik yang kaya dan membantu menstimulasi otak anak.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar