Yamaha

Ada Air Panas dan Curug, Ini 3 Rekomendasi Wisata Air di Purwakarta

  Senin, 03 Mei 2021   Redaksi AyoBandung.Com
Curug Tilu Purwakarta. (Ist)

KIARAPEDES, AYOPURWAKARTA.COM -- Bermain air bisa menjadi alternatif liburan Lebaran keluarga. Ayopurwakarta.com merekomendasikan 3 wisata air di alam Purwakarta yang wajib dicoba para wisatawan lokal. Berikut ulasannya.

Pemandian air panas Ciracas

Warga Kabupaten Purwakarta tak harus jauh-jauh datang ke daerah lain untuk menikmati pemandian air panas.

Di kabupaten terkecil di Jawa Barat ini juga telah tersedia destinasi wisata pemandian air panas yang mengandung belerang, berlokasi di Kampung Ciseupan, Desa Ciracas, Kecamatan Kiarapedes.

Pemandian air panas di kampung tersebut berada sejumlah titik, namun baru dua titik yang kelola menjadi destinasi wisata. Pertama oleh pihak desa setempat melalui BUMDes dan kedua milik perorangan dinamai Kolam Renang Tirta Mustika.

Kolam pemandian air panas ini seperti kamar mandi pada umumnya, berbentuk persegi panjang dengan suhu panas air diperkirakan 43 derajat ‚Äécelsius.

Pemandian air panas bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit kulit atau rematik karena air yang dihasilkan mengandung belerang.

Kolam Air Taman Batu Cijanun

Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Taman Batu Cijanun menawarkan kolam mata air asli dari pegunungan.

Pengunjung bisa berenang sambil menikmati pemandangan alam yang asri. Suasananya yang sejuk khas pedesaan, menambah kenyamanan Anda selama berada di sana.

whatsapp-image-2019-08-04-at-15-18-24

Taman Batu Cijanun. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

Kolam Taman Batu Cijanun dibuat dengan cara membendung sumber mata air Cijanun yang keluar dari bawah pepohonan di lokasi sekitar. Pengunjung bisa memilih kedalaman kolam yang dipercantik dengan bebatuan alam asli.

Taman Batu Cijanun memiliki lahan seluas sekitar 5.000 meter persegi. Pihak pengelola berencana terus mengembangkan fasilitas lain, seperti penginapan atau menambah kolam renang lagi.

Di sekitar lokasi terdapat warung minimalis menyediakan beragam makanan ringan termasuk kuliner khas masyarakat pedesan seperti nasi liwet dan ikan bakar.

Curug Tilu

Sukasari yang mayoritas wilayahnya masih berupa hutan belantara ternyata memiliki 'Grand Canyon'. Ialah Curug Tilu yang berlokasi di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Jalur dapat dimanfaatkan wisatawan untuk ke Curug Tilu yakni Jalan Cikao Bandung Jatiluhur yang langsung tembus ke ruas Jalan Sukasari. Melalui jalur ini, hanya dengan waktu 40 menit, wisatawan sudah dapat sampai di Desa Ciririp.

curug-tilu

Curug Tilu. (Ist)

Jarak 1 kilometer dari jalan utama harus dilalui wisatawan untuk memasuki area Curug Tilu. Namun, perjuangan itu akan terbayar kala tepat di curug utama, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam nan hijau dengan kontur bebatuan khas pegunungan.

Warna air di tempat tersebut terlihat kehijauan persis seperti 'Grand Canyon' di Kabupaten Pangandaran. (Dede Nurhasanudin/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar