Yamaha

Ini Resep dan Cara Mudah Bikin Nastar Gulung

  Rabu, 05 Mei 2021   Redaksi Ayopurwakarta
Ilustrasi Kue Nastar Gulung

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Bosan dengan kue nastar yang bentuknya seperti itu-itu saja? Coba buat nastar gulung sendiri di rumah. Simak resep nastar gulung yang lengkap dengan bahan dan cara membuatnya berikut ini.

Waktu berlalu begitu cepat tidak terasa kita sudah memasuki pertengahan bulan Ramadan, 17 hari sudah kita menjalankan salah satu kewajiban sebagai seorang Muslim, yakni ibadah Puasa Ramadan.

Ada satu hal yang paling dinanti dalam bulan Ramadan, yakni momen berkumpul bersama keluarga saat Lebaran. Momen Lebaran atau Idulfitri adalah momen dimana seluruh umat Islam di seluruh dunia merayakan kemenangan setelah berperang dengan hawa nafsu selama Puasa Ramadan.

Sama halnya dengan momen-momen keagamaan lain ketika IdulFitri tiba pastinya ada makanan-makanan khas yang memang selalu diidentikan dengan perayaan tersebut, salah satunya adalah camilan nastar kue Lebaran.

Sedangkan baru-baru ini muncul kebijakan pemerintah yang melarang adanya mudik, tapi tidak perlu khawatir bagi kalian yang memang tidak bisa pulang untuk mencicipi jajanan nastar ini kalian bisa membuatnya dirumah.

Dikutip dari Suara.com (jaringan Ayobandung.com), berikut adalah resep membuat nastar bagian kalian yang ingin merasakan sensasi jajanan lebaran namun tidak bisa pulang.

Resep Nastar Gulung

Bahan membuat nastar

  • Margarin - 200 gram
  • Mentega - 100 gram
  • Gula halus - 60 gram
  • Kuning telur - 2 butir
  • Susu bubuk - 50 gram
  • Terigu protein sedang - 300 gram
  • Maizena - 85 gram
  • Kuning telur - 3 butir
  • Kental manis - 1 sdm
  • Minyak goreng - 1 sdm
  • Selai Nanas (Nanas - 2 buah, Gula pasir - 100 gram, Kayu manis - 1 batang @10 cm, Cengkeh - 5 butir)

Cara Membuat Nastar Gulung

  1. Langkah pertama adalah dengan mengocok margarin, mentega dan gula halus sampai merata dan lembut. Anda bisa menambahkan kuning telur di dalamnya secara satu persatu kemudian kocok sampai merata
  2. Selanjutnya campur tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena sampai merata. Setelah di campur aduk bahan-bahan tersebut sampai semua merata sehingga membuat tekstur adonan yang dapat dibentuk
  3. Langkah ketiga ambil sedikit adonan tersebut kemudian bentuk pipih memanjang dan jangan lupa untuk dicampurkan dengan selai nanas baru kemudian digulung
  4. Lalu letakan adonan yang sudah dibentuk tersebut ke dalam loyang yang sudah dialasi oleh secarik kertas roti, kira-kira biarkan selama kurang lebih 20 menit dalam suhu oven 160°C
  5. Setelah 20 menit di dalam oven dan dirasa sudah matang oles bahan adonan tersebut dengan bahan olesan sebanyak dua kali agar olesannya dapat merata.
  6. Kembalikan ke dalam oven dengan suhu yang sama dan tunggu selama kurang lebih 10 menit

Cara Membuat Selai Nanas

Bagi anda yang tidak menemukan selai nanas instan tidak perlu khawatir, kami rangkumkan untuk dan cara membuat selai nanas:

  1. Langkah pertama adalah anda pisahkan daging nanas dengan kulitnya lalu parutkan daging nanas, selanjutnya masak daging nanas dengan rebusan air yang berisikan kayu manis dan cengkeh sampai air mengering
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan gula lalu masak dengan api kecil
  3. Langkah terakhir dinginkan dengan bentuk bulat lonjong kecil

Perlu anda perhatikan perbandingan mentega dan margarin yang anda gunakan agar nastar memiliki tekstur lembut, selain itu mentega yang digunakan harus dalam keadaan dingin.

Itulah resep nastar gulung yang dengan mudah dapat kalian coba. Simak baik-baik cara membuat nastar yang telah dijelaskan di atas.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar