Yamaha

Dekat Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat Zona Merah Covid-19

  Rabu, 05 Mei 2021   Adi Ginanjar
Ilustrasi Covid-19

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM--Berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi satu dari dua wilayah di Jawa Barat yang kembali masuk zona merah atau daerah dengan risiko tinggi penularan Covid-19. Selain KBB, zona merah di tetapkan untuk Kota Tasikmalaya. 

Dinas kesehatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjelaskan masuknya satu wilayah ke zona merah ditentukan setidaknya oleh 14 indikator yang dibagi ke dalam 3 indikator besar yaitu epidemiologi, surveilans masyarakat, dan kategori pelayanan kesehatan. 

Dari tiga indikator besar tersebut KBB masuk zona merah karena beberapa sebab. Sebab paling dominan karena dua hal, yaitu penambahan kasus signifikan dan angka kematian cukup tinggi. 

"Pertama ada peningkatan kasus, terus naik dalam dua minggu terakhir. Kemudian angka kematian hampir setiap hari ada, 0,6 per hari dibulan April. Jadi selang hari ada kematian," kata Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat Eisenhower Sitanggang melalui Kepala Bidang P2P, Mulyana, Rabu 5 Mei 2021. 

Mulyana menjelaskan angka tingkat kematian 0,6 per hari itu artinya dalam 2 hari terjadi kasus meninggal karena Covid-19 sebanyak 1 orang. Adapun angka penambahan kasus Corona di KBB disumbang dari 3 daerah. Yaitu Kecamatan Lembang, Ngamprah, dan Padalang. 

Penambahan kasus paling signifikan terjadi di Lembang karena ditemukan klaster tempat wisata La Fresa. Sebanyak 51 orang terdiri dari siswa PKL dan karyawan dinyatakan positif. 

"Terkait dengan kasus aktif, kita terus tracing, terus mengoptimalkan untuk 3M, plus vaksin. Kemudian yang paling penting jangan kalah, jangan lelah, jangan jenuh bahwa prokes itu harga mati untuk diterapkan," pungkasnya. 

Diketahui, berdasarkan data Dinas Kesehatan kasus Covid-19 di KBB telah mencapai angka 6.353 dengan rincian, 678 kasus aktif, 5.598 sembuh, dan 77 orang meninggal dunia. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar