Yamaha

Belum Ditemukan Pemudik Naik Perahu Melalui Danau Cirata

  Senin, 10 Mei 2021   Dede Nurhasanudin
Situasi Dermaga Cirata. (Dede Nurhasanudin)
MANIIS, AYOPURWAKARTA.COM -- Aktivitas di Dermaga Danau Cirata tak jauh berbeda dari hari biasanya. Yang berhilir mudik naik perahu merupakan para nelayan mengantarkan atau mengambil ikan ke Keramba Jaring Apung (KJA). Tidak ditemukan pemudik melalui jalur air di Danau Cirata yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur tersebut.
 
Salah seorang petani ikan di Danau Cirata, Ade Sanim, mengaku sepengetahuan dirinya tidak pernah melihat atau mendengar ada pemudik lewat jalur air. Termasuk setelah ada larangan mudik pada tahun kemarin dan tahun ini. "Hilir mudik ini yah hanya nelayan yang mengangkut ikan," kata dia, Senin, 10 Mei 2021.
 
Menurutnya, mudik menggunakan perahu tergolong berbahaya meski jarak Cianjur-Purwakarta atau sebaliknya dapat dikatakan dekat. Hal itu menjadi alasan kenapa dermaga atau tempat bersandar perahu di Danau Jatiluhur tidak digunakan para pemudik untuk melintas. "Yang mudik lewat perahu mungkin ada. Tapi sepengetahuan saya tidak ada. Yang mudik pastinya melalui jalur darat meksi risikonya diputarbalikkan," ujar pria yang akrab disapa Sanim itu.
 
Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Air AKP Jajang Sukandar mengatakan, untuk sementara hasil pemantauan di Danau Jatiluhur masih normal. Bersama Bhabinkamtibmas dengan Babinsa, ASDP dan BKO Dirpolair melakukan pemantauan masih normal dan belum ada kegiatan yang menonjol. "Untuk sementara belum ditemukan (pemudik). Kami tetap koordinasi dengan lintas sektoral," ujar dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar