Yamaha

Ini 6 Manfaat Konsumsi Air Lemon

  Selasa, 11 Mei 2021   Republika.co.id
Air Lemon. (Pixabay)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Air perasan atau irisan lemon memang segar dinikmati di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Bukan hanya menyegarkan, air lemon juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Dilansir dari laman Eat This, Selasa 11 Mei 2021, berikut beberapa manfaat kesehatan luar biasa yang bisa didapat jika Anda mengonsumsi air lemon secara rutin.

1. Mengurangi kembung

Air perasan lemon bisa menjadi obat bagi Anda yang sering mengeluh kembung. Sebuah studi pada 2011 mengungkap bahwa lemon dapat membantu mengatasi sembelit atau konstipasi dan perut kembung lantaran kandungan serat larut di dalamnya.

2. Meningkatkan imun

Rutin mengonsumsi air perasan lemon bisa membantu Anda melawan penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ahli diet di Sovereign Laboratories menjelaskan, satu buah lemon menyediakan 20 miligram vitamin C yang bermanfaat untuk sistem kekebalan dan bertindak sebagai antioksidan.

3. Mengurangi risiko batu ginjal

Menurut penelitian tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal European Urology, diperkirakan 8,8 persen orang dewasa akan mengalami batu ginjal dalam hidupnya. Untungnya, minum air lemon dapat membantu Anda terhindar dari kondisi yang menyakitkan ini.

"Jika Anda memiliki jenis batu ginjal tertentu seperti batu ginjal oksalat, sitrat dalam air lemon akan membantu memecah batu dan membantu melarutkannya," kata Galvin.

4. Memperlancar pencernaan

Ahli diet Trista Best mengatakan bahwa minum air lemon di pagi hari bermanfaat sebagai pencahar. Usahakan, sajikan air lemon dalam keadaan hangat.

5. Menyehatkan kulit

Mendapatkan kulit glowing tidak berarti harus mengeluarkan banyak uang untuk perawatan kulit. Sedikit air lemon mungkin cukup membantu.

Menurut tinjauan penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, vitamin C yang ditemukan dalam lemon juga dapat meningkatkan sintesis kolagen yang membantu kulit Anda terlihat lebih muda dan lebih sehat dari waktu ke waktu.

6. Membantu menurunkan berat badan

Menambahkan air lemon ke dalam konsumsi harian, dapat mempermudah penurunan berat badan. Ahli diet Essentia Water, Jessica Bippen mengatakan, dengan meminum air lemon sebelum dan selama makan, ini dapat meningkatkan rasa kenyang dan menjadi cara efektif untuk membantu mengurangi asupan kalori.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar