Yamaha

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Kamis 13 Mei 2021

  Selasa, 11 Mei 2021   Ananda Muhammad Firdaus
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Youtube Kemenag)

JAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Hasil Sidang Isbal Idulfitri 2021, Kemenag menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.

"Dari 88 titik tidak ada yang melihat hilal, maka penetapan 1 Syawal diijtimakan. Kita sepakati bersama dan kita berharap mudah-mudahan dari hasil sidang isbat seluruh umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan Idulfitri bersama," ujarnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam siaran langsung Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1442H/2021M di Kemenag RI.

Keputusan sidang isbat ini membuat Idulfitri akan dirayakan bersama antara Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal pada Kamis, 13 Mei 2021.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Agus Salim menambahkan, tahapan sidang isbat 2021 ini dilakukan seperti awal Ramadhan lalu. Sesi pertama dimulai sekitar pukul 16.45 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya. Lalu sidang dipimpin oleh Menteri Agama yang diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

Kemenag melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia. Untuk di DKI Jakarta misalnya, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy’ari Jakarta Barat.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar