Yamaha

Menilik Tradisi Ziarah Kubur Saat Lebaran

  Kamis, 13 Mei 2021   Dede Nurhasanudin
Di TPU Desa Palinggihan, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, sejumlah warga tampak tengah memanjatkan doa di depan makam keluarganya masing-masing. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PLERED, AYOPURWAKARTA.COM — Selain makan ketupat dan opor ayam, salah satu tradisi yang lazim dilakukan saat Lebaran adalah ziarah kubur ke makam keluarga.

Usai salat Idulfitri, umat muslim biasanya mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU), di mana keluarga mereka disemayamkan.

Seperti terpantau di TPU Desa Palinggihan, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, sejumlah warga tampak tengah memanjatkan doa di depan makam keluarganya masing-masing.

Selain memanjatkan doa, mereka juga membersihkan makam dari rumput liar dan daun yang jatuh.

Salah seorang peziarah, Rifki Fauzi (34) mengaku setiap tahun selalu memanfaatkan momen Lebaran untuk berziarah ke makam salah satu keluarganya.

"Iya ada keluarga yang dimakamkan di sini. Kami datang bersama keluarga," kata Rifki, Kamis (13 Mei 2021).

Tak hanya di sana, TPU di sejumlah desa lain juga mengalami hal serupa saat momen Lebaran ini. Tampak ramai kendaraan milik para peziarah terparkir rapi di sekitar TPU.

"Ziarah menjadi tradisi kami di hari Lebaran. Sama bersama keluarga ziarah ke makam kakek dan nenek yang sudah meninggal dunia," ujar, Aldi Maulana salah seorang peziarah di TPU Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Purwakarta.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar