Anggaran Belum Cair, Panitia Pilkades Purwakarta Minta Percepat Pencairan

  Rabu, 19 Mei 2021   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi -- Anggaran Pilkades. (Pixabay)

TEGALWARU, AYOPURWAKARTA.COM -- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 170 desa di Kabupaten Purwakarta diketahui telah memasuki tahap pendaftaran. Akan tetapi, dana untuk Pilkades 2021 hingga hari ini belum juga turun.

Panitia Pilkades Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta, Anshar Ramdhani meyangkan dan meminta Pemkab Purwakarta segera mencairkan anggaran Pilkades, karena kondisi ini tidak sejalan dengan kinerja panitia yang telah bekerja mulai dari persiapan hingga tahapan pendataan daftar pemilih tetap (DPT). Apalagi, saat ini telah masuk dalam tahapan pendaftaran calon kepala desa.

"Seharunya sudah dicairkan karena kami sudah mulai kerja. Tapi hingga saat ini belum juga turun (anggaran Pilkades) dari Pemkab Purwakarta,” ujar Anshar, Rabu 19 Mei 2021.

Padahal, menurutnya anggaran tersebut sangat diperlukan untuk kebutuhan alat peraga sosialisasi, logistik, operasional dan tentunya gaji panitia.

"Kalau belum dicairkan khawatir menghambat pada kinerja panitia yang telah mulai bekerja untuk mensukseskan Pilkades serentak 2021 ini," kata dia.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo menargetkan anggaran dana Pilkades bakal cair awal Juni 2021 mendatang.

“Masih sesuai tahapan. Desa sedang membuat proposal pencairan ke DPMD untuk diajukan ke BKAD,” kata Jaya.

Menurutnya, tidak ada keterlambatan dalam pencairan anggaran Pilkades karena sudah sesuai tahapan.

Apalagi, belum lama ini panitia baru menetapkan DPT yang kemudian diajukan untuk pencairan anggaran Pilkades. 

"Anggaran Pilkades serentak mudah-mudahan akhir Mei atau maksimal awal Juni sudah cair,” ujar Jaya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar