Ingin Cepat Hamil? Ini Cara Menghitung Masa Subur

  Rabu, 26 Mei 2021   Suara.com
Hamil. (istock)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM - Jika tengah merencanakan kehamilan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar prosesnya berjalan dengan lancar. Salah satunya adala dengan mengetahui masa subur yang tepat.

Sehingga dapat mempercepat terjadi kehamilan. Pasalnya, peluang terjadinya proses kehamilan akan meningkat pada masa subur. Seperti diketahui, masa subur pada perempuanterjadi setiap bulannya.

Lalu bagaimana mengetahui masa subur tersebut ? Dan bagaimana caranya menghitung masa subur tersebut?

Seorang dokter bernama Dr. Mario Johan belum lama ini mengunggah sebuah video diakun TikToknya @dr.joee untuk membantu para perempuan mengetahui kapan masa suburnya dan cara menghitungnya.

Untuk menjalani program kehamilan, seorang perempuan harus tahu dulu siklus menstruasinya. Mario menjelaskan bahwa kebanyakan perempuan umumnya mengalami siklus menstruasi selama 28 hari. 

“Tapi ada juga yang 21, 30 sampai 35 hari. Nah jadi  hari pertama kamu menstruasi kamu catet di kalender. Contohnya kamu menstruasi ditanggal 1, lalu disiklus berikutnya kamu menstruasi hari pertama kamu tandai juga misalnya tanggal 28,” ujar Dr. Joee dalam video tersebut.

“Nah siklus kamu berarti 28 hari, Nah abis itu hari menstruasi pertama berikutnya dikurangi 14, 28 dikurangin 14 berarti tanggal 14. Terus plus minus 2. Jadi tanggal 12 sampai 16 itu adalah masa subur. Kalau supaya cepet hamil berarti berhubungan disekitar tanggal itu. Tapi kalau nggak mau hamil jangan berhubungan ditanggal itu,” lanjutnya.

Hal ini pun mendapatkan reaksi yang postifi dari warganet. Bahkan banyak yang menanyakan bagaimana bagi perempuanyang siklus menstruasinya tidak teratur dan merasa terbantu dengan adanya penjelasan tersebut.

“Kalau yang nggak teratur tanggal haidnya setiap bulan gimana dok,” tanya @tetehlala30.

“Makasih dok infonya. Saya langsung hitung semoga bulan depan bisa positif anak-anak ku bisa punya adik,” @maharanieppujielestarie.

“Tengkyu dokter infonya,”@orchindaraherningK.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar