Peringatan Hari Lansia di Purwakarta, Lansia Harus Bahagia

  Sabtu, 29 Mei 2021   Dede Nurhasanudin
Peringatan HLUN di Purwakarta. (Istimewa)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM — Pemkab Purwakarta menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) secara virtual di Bale Maya Datar, Kompleks Pemkab Purwakarta, Sabtu, 29 Mei 2021. 

Peringatan HLUN tahun ini bertemakan Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga.

"Situasi pandemi ini tidak bisa menghalangi rasa suka cita bagi para lansia untuk merayakan peringatan, walaupun dalam keadaan sederhana, HLUN diperingati atas dasar situasi, dan kondisi sejarah," ungkap Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

Ia mengaku, selama ini pihaknya memberikan perhatian khusus kepada mereka melalui kebijakan strategis berkaitan dengan pelayanan terhadap lansia. Di antaranya melaksanakan vaksinasi Covid-19 serentak di 20 puskesmas di Purwakarta. 

"Mudah-mudahan secara maksimal kuota akan terpenuhi setiap puskesmas 100 orang lansia bisa dilakukan pelayanan vaksinasi. Jadi akan ada 2.000 lansia di Purwakarta yang akan menerima vaksinasi Covid-19," ujar Anne.

Berdasarkan data dari Disdukcapil Purwakarta, ada sebanyak 35.000 orang. Sementara berdasarkan data BPS Tahun 2020, terdapat usia lanjut di atas 69 tahun sebanyak 1,62 persen. 

"Sesuai data, lansia yang sudah dilakukan vaksinasi sebanyak 1,29 persen, kita akan terus meningkatkan dalam cakupan vaksinasi lansia di Kabupaten Purwakarta," kata Anne. 

Selain itu, Anne juga bakal mencanangkan Posyandu Lansia atau disebut dengan Poswindu, sesuai arahan Menteri Sosial dan Purwakarta melaunching 40 titik kegiatan kelompok lansia melalui DPMD. 

"Berikutnya kita akan mendorong gerakan kasih sayang kepada orangtua kita," ujar Anne. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar