PGRI Kecamatan Maniis Pastikan Tidak Ada Guru Terlibat Timses Cakades

  Jumat, 04 Juni 2021   Dede Nurhasanudin
Guru. (Ayobandung.com)

MANIIS, PURWAKARTA.COM -- Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta memastikan tidak ada guru di wilayahnya terlibat tim sukses (timses) salah satu Calon Kepala Desa (Cakades).

"Kami sudah memberikan pembinaan kepada anggota kami agar tidak terlibat politik praktis seperti halnya mendukung salah calon Kades ataupun menjadi tim sukses calon kades," ungkap Ketua PGRI Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Nana Supiana, Jumat 4 Juni 2021.

Menurutnya, guru baik status PNS maupun non PNSĀ  fokus pada tugas dan fungsinya yakni mendidik anak-anak di sekolah.

Jika pun kemudian ditemukan guru mendukung atau menjadi timses maka akan ditindak sebagaimana peraturan yang berlaku.

"Tapi kami pastikan tidak ada yang terlibat karena kepentingan guru hanya untuk kepentingan bangsa dan kepentingan peserta didik," kata Nana.

Disinggung sempat beredar kabar ada salah seorang guru mendukung salah seorang Cakades, ia membantahnya dan sudah melakukan penelusuran.

"Kita sudah melakukan pengecekan terkait hal tersebut. Namun, kami pastikan itu tidak ada," ujar Nana menegaskan.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta bakal memberikan sanksi bagi PNS yang ikut serta menyukeskan salah satu calon pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Sanksi yang akan diberikan pada ASN tergantung pada bobot kesalahan yang dibuat, yang pasti akan kena sanksi dan diproses sesuai aturan berlaku.

"Intinya seluruh PNS di Kabupaten Purwakarta tidak boleh berpolitik (harus netral). Pemilu dilarang, di Pilkades juga sama karena bakal mengganggu tugas pokok dan fungsi sebagai ASN," ujar Kepala BKPSDM Purwakarta, Asep Supriatna beberapa waktu lalu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar