Pemkab Purwakarta Belum Ada Rencana Buka Taman Air Mancur Sri Baduga

  Senin, 07 Juni 2021   Dede Nurhasanudin
Taman Air Mancur Sri Baduga. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Pemerintah Kabupaten Purwakarta belum merencanakan kembali membuka Taman Air Mancur Sri Baduga, yang sebelumnya ditutup setelah merebaknya wabah virus corona pada tahun kemarin.

"Belum, kita belum ada rencana kembali buka Taman Air Mancur Sri Baduga," ujar Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Acep Yulimulya, Senin 7 Juni 2021.

Ia menjelaskan, belum ada rencana kembali dibuka karena Tanah Air termasuk Purwakarta masih dilanda bencana nonalam Covid-19 yang hingga saat ini masih berlangsung. Jika dibuka dikhawatirkan wisatawan tak berbendung sehingga terjadi kerumunan.

 "Memang bisa solusinya perketat prokes misal dilakukan pembatasan 50 persen dari total kapasitas yang ada. Tapi kami (Pemda Purwakarta) memilih tutup sampai kondisi benar-aman," kata Acep.

Sejak pertama pengoperasian, Taman Air Mancur Sri Baduga mampu menyedot perhatian para wisata baik dalam maupun luar kota. Bahkan penyumbang wisatawan terbanyak dibanding wisata lain.

"Satu kali pengoperasian mampu mendatangkan 15 ribu wisatawan, hari ini kita memang kehilangan jumlah kunjungan wisatawan yang tak sedikit itu," kata Acep.

Hari ini, lanjut dia bukan lagi berbicara berapa besaran target jumlah wisatawan yang harus ditercapai, melainkan berapa besar kualitas pengelola wisata juga wisatawan menaati protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19.

"Kita tidak ada target, lebih pada monitoring prokes di objek wisata milik swasta," ujar dia.

Tidak hanya Taman Air Mancur Sri Baduga, destinasi wisata lain di bawah Pemkab Purwakarta juga belum dibuka untuk umum, seperti wisata edukasi Bale Indung Rahayu, Bale Panyawangan Diorama Purwakarta juga Nusantara.

"Ketiga wisata edukasi itu hanya dibuka untuk tamu kedinasan saja, kalau untuk umum belum dibuka," kata Acep.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar