Satpol PP Purwakarta Menjaring 9.430 Warga Pelanggar Prokes

  Selasa, 08 Juni 2021   Dede Nurhasanudin
Operasi Yustisi di Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purwakarta mencatat 9. 430 pelanggar protokol kesehatan selama operasi yustisi di tengah masa pandemi Covid-19.

Kepala Satpol PP Kabupaten Purwakarta, Aulia Pamungkas merinci dari total warga yang terjaring operasi itu, dikenakan sanksi teguran tertulis sekitar 2.062 pelanggar. Sedangkan sisanya atau 7.368 pelanggar mendapat sanksi sosial. 

"Jumlah warga yang terjaring ini merupakan akumulasi selama kegiatan operasi yustisi," kata dia, Selasa 8 Juni 2021.

Adapun penerapan sanksi ini merujuk pada amanat yang tertuang dalam peraturan bupati (Perbup) Nomor 198 Tahun 2020 tentang pengenaan sanksi terhadap pelanggar tertib kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Kebijakan ini, juga merujuk pada instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. 

"Sanksi seperti ini untuk memberikan efek jera. Ini juga demi kebaikan bersama untuk menekan penyebaran Covid-19," ujar Aulia.

Ia menyebut operasi yustisi hingga hari ini masih diintensifkan di berbagai wilayah  di Purwakarta. Termasuk, di wilayah perbatasan kabupaten.

"Dalam operasi ini, kami turut menggandeng unsur TNI/Polri. Sehingga, operasi ini dilakukan secara massif di seluruh wilayah," kata Aulia. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar