Yamaha

Ruang Isolasi RSUD Purwakarta Penuh, Bupati Anne Rencanakan Pasien Dirujuk ke RS Luar Kota

  Kamis, 10 Juni 2021   Dede Nurhasanudin
Rumah Sakit Bayu Asih Purwakarta. (Dede Nurhasanudin)
PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Seiring meningkatnya kasus Covid-19, ruang isolasi di Rumah Sakit di Kabupaten Purwakarta menipis. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebut tiga rumah sakit yang memiliki fasilitas perawatan khusus Covid-19 sudah terisi di atas 90 persen.
 
Kondisi ini sudah dilaporkan ke Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Barat dan minta petunjukbagaimana langkah-langkah dan upaya untuk meminta bantuan, terutama bantuan tenaga medis.
 
Ketersediaan tenaga medis dapat dikatakan kurang kalau harus membuat penambahan ruangan atau tempat perawatan pasien skala berat. "Apalagi pasien skala berat ini memang harus dirawat di rumah sakit, tidak bisa di tempat lain," kata dia, Kamis 10 Juni 2021.
 
Ia mengaku akan berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Bayu Asih  untuk membahas soal ruang isolasi pasien skala berat. Mungkin atau tidak dilakukan penambahan ruangan isolasi untuk pasien skala berat ini. "Karena di Purwakarta rumah sakit yang menangani pasien skala berat ini hanya Rumah Sakit Bayu Asih," ujar Anne.
 
Kemudian, upaya lain adalah merujuk pasien ke rumah sakit lain yang jangkauannya dekat dengan Purwakarta, seperti Bandung dan Karawang. "Kita sedang mengupayakan itu, dan saya imbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan," ujar Anne.
 
Sementara itu, secara kumulatif angka kasus Covid-19 di Purwakarta per 10 Juni 2021 mencapai 6.504 kasus. 327 masih terkonfirmasi positif, 240 meninggal dunia, dan sisanya dinyatakan sembuh.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar