Yamaha

Situ Wanayasa, Objek Wisata Bagi Anda Yang Lelah Dengan Hiruk Pikuk Ibukota

  Jumat, 11 Juni 2021   Handy Dannu Wijaya
Situ Wanayasa, Objek Wisata Bagi Anda Yang Lelah Dengan Hiruk Pikuk Ibukota

AyoPurwakarta.com - Selain Situ Buleud, Purwakarta memiliki situ (danau) lain yang tak kalah cantiknya, situ tersebut adalah Situ Wanayasa. Jika menyebut tempat wisata di kabupaten Purwakarta, mungkin kebanyakan wisatawan akan langsung mengingat situ buleud yang merupakan taman air mancur terbesar se-Asia Tenggara. 

Kabupaten Purwakarta telah berkembang menjadi salah satu destinasi wisata yang paling digemari bagi wisatawan dalam negeri. Dengan kekayaan alam yang melimpah ditambah dengan dukungan dari pemerintah menyebabkan banyak tempat wisata dari Purwakarta bermunculan. Salah satunya adalah Situ Wanayasa, sebuah danau yang asri dan mampu menyegarkan mata.

Jika menyebut tempat wisata di kabupaten Purwakarta, mungkin kebanyakan wisatawan akan langsung mengingat situ buleud yang merupakan taman air mancur terbesar se asia tenggara. Padahal selain Situ Buleud, Purwakarta memiliki situ (danau) lain yang tak kalah cantiknya. situ tersebut adalah Situ Wanayasa.

Situ Wanayasa adalah sebuah danau alami seluas 7 ha yang berlokasi di kecamatan wanayasa, sekitar 50 menit dari pusat kota Purwakarta. Terletak di ketinggian 600 mdpl membuat objek wisata ini memiliki hawa yang sejuk. Apalagi dengan lingkungan sekitar yang masih asri dan banyak ditumbuhi pepohonan. 

Hal unik yang menarik dari Wanayasa adalah adanya pulau kecil ditengah-tengah danau. Konon katanya, di pulau yang diberi nama Pasir Mantri itu terletak makam salah seorang tokoh pendiri Purwakarta. 

Situ Wanayasa

Tokoh tersebut adalah R.A Suriawinata, seorang tokoh yang pernah menjabat sebagai bupati Karawang ke-9 ketika luas daerah Karawang masih meliputi kabupaten Karawang, kabupaten Subang dan kabupaten Purwakarta di masa kini.

Di Situ Wanayasa ini wisatawan disuguhi pemandangan yang indah dari danau dengan latar gunung burangrang dan sawah hijau yang luasnya sejauh mata memandang. Wisatawan juga dapat menaiki wahana bebek air yang tersedia di sekitar pulau pasir mantri. Jangan lupa juga untuk berwisata kuliner dengan makanan khas Purwakarta, seperti sate maranggi, yang banyak ditawarkan oleh rumah makan yang tersebar di sekitar Situ Wanayasa. 

Selain menawarkan keindahan alam, pengunjung juga dapat berburu foto karena Situ Wanayasa sendiri memiliki banyak spot-spot yang bagus untuk diabadikan, baik itu di jembatan masuk, ketika naik wahana bebek air, berleha-leha di pulau pasir mantri maupun di rumah makan dengan pemandangan alam yang mempesona.

wisata situ wanayasa

Situ Wanayasa juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap sebagai sebuah objek wisata, seperti sudah tersedianya area parkir, toilet serta mushola. Letak Situ Wanayasa cukup strategis karena dekat dengan objek wisata lain yang juga kita tidak kalah menarik. 

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana air terjun maka bisa meneruskan perjalan untuk camping di Curug Cipurut. Atau bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktunya dengan berwisata air, lokasi Giri Tirta Kahuripan juga tidak jauh dari Situ Wanayasa.

Bahkan letaknya yang berada di jalan alternatif Purwakarta-Subang menjadikan Situ Wanayasa menjadi tempat untuk beristirahat bagi para pemudik yang kebetulan lewat meski hanya untuk singgah sebentar.

Bagi anda yang hendak berwisata dan menghilangkan kepenatan namun tidak mau merogoh kocek terlalu dalam, Situ Wanayasa juga bisa dijadikan pilihan karena objek wisata ini tidak memungut biaya kecuali sebagai retribusi parkir.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar