Adat Sunda Meriahkan Penetapan Bakal Calon Kades Mekarsari Purwakarta

  Senin, 14 Juni 2021   Dede Nurhasanudin
Kedatangan Calon Kades disambut adat khas Sunda. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

DARANGDAN, AYOPURWAKARTA.COM -- Kedatangan calon Kepala Desa Mekarsari, Kecamatan, Darangdan, Kabupaten Purwakarta disambut adat Sunda layaknya pengantin baru.

Kemeriahaan upacara adat Sunda ini sangat terasa ketika para bakal calon kepada desa tiba di sekitar kantor desa setempat, untuk mengikuti tahapan penetapan menjadi calon kepala desa.

Seorang kakek berbadan bungkuk memakai pakaian serbahitam, sarung, dan juga ikat kepala khas Sunda berlenggak-lenggok menyambut kedatangan calon kepala desa, didampingi dua wanita berpakaian khas Sunda.

Kakek ini bukan kakek betulan tentunya, biasanya orang yang memerankan kakek ini adalah seorang penari yang biasa disebut lengser.

Panitia Pemilihan Kepala Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Purwakarta, Didin Mahpudin mengatakan, penyambutan calon kepala desa dengan upacara adat Sunda ini diharapkan dapat membangun filosofi tersendiri sebagai warga Jawa Barat, yang mengajarkan kearifan lokal Sunda dilandasi sikap silih asih, silih asah dan silih asuh.

"Artinya harus saling mengasihi, saling mengasah atau mengajari, dan saling mengasuh sehingga tercipta suasana kehidupan masyarakat yang diwarnai keakraban, kerukunan, kedamaian, ketentraman, dan kekeluargaan," kata dia, Senin 14 Juni 2021.

Sehingga, lanjut dia, dalam perhelatan Pilkades nanti, para calon dan pendukungnya tetap dalam susana damai.

"Kalau ini dipupuk sejak dini diharapkan dapat berjalan lancar. Siapapun yang menang nanti akan tercipta Pilkades yang sukses tanpa ekses," ujar dia.

Diketahui, di Desa Mekarsari ada lima bakal calon kepala desa yang ditetapkan menjadi calon kepala desa, yakni Jaja Supratman, Lilis Suarsih, Nana Sumarna, Sutisna dan Ruhiat. Sementara pengambilan nomor urut bakal dilaksanakan esok hari.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar