17 Juni : Kamera Polariod Dipatenkan Oleh Edwin Herbert Land Pada 1970

  Kamis, 17 Juni 2021   Handy Dannu Wijaya
17 Juni : Kamera Polariod Dipatenkan Oleh Edwin Herbert Land Pada 1970 (History Daily)

Ayopurwakarta.com - 17 Juni hari apa ? Jawabannya adalah tanggal dimana kamera Polaroid dipatenkan oleh penemunya, Edwin Herbert Land. Land merupakan seorang ilmuwan yang memiliki lebih dari 500 paten atas penemuan dan ciptaannya terutama di bidang optik. Atas jasa-jasanya, Edwin Herbert Land menerima Medal of Freedom, penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga sipil di Amerika Serikat.

Edwin Land adalah anak laki-laki satu-satunya dari pasangan Harry and Martha Land. Ayahnya adalah seorang tuan tanah dan penjual logam. Pada masa mudanya, Edwin Land sering membaca buku mengenai Fisika Optik yang ditulis oleh Robert W. Wood, terutama bagian mengenai polarisasi cahaya. Setelah lulus dari Norwich Free Academy, Land melanjutkan studinya di Harvard College dengan niat untuk meneliti tentang polarisasi cahaya. Setelah tahun pertama belajar di Harvard, Land memutuskan untuk berhenti sekolah dan berkonsentrasi untuk menemukan cara menghasilkan teknologi polarisasi murah dan efisien yang di kemudian hari disebut sebagai Polaroid. Sejak itu, ia meneruskan belajar di Perpustakaan Umum New York (New York Public Library). Meskipun tidak pernah lulus dari Harvard, pada tahun 1957 Harvard memberikan gelar doktorat kepada Edwin Land. Selain itu, Land juga mendapatkan 20 gelar doktorat kehormatan dari universitas lainnya.

Penemuan Kamera Polaroid Mengubah Cara Mengambil Gambar

Edwin Land dan Kamera Polaroid Penemuannya (IPHF)

Kamera Polaroid diilhami dari pertanyaan Jennifer Land, anak Edwin Land yang saat itu berusia tiga tahun. Dia menanyakan kepada ayahnya mengapa tidak dapat melihat hasil foto jepretan ayahnya secara langsung. Jepretan pertama dengan menggunakan kamera polaroid dilakukan oleh Dr. Edwind Land pada tahun 1944. Edwind Land kemudian langsung menciptakan sistem fotografi satu-langkah yang dipamerkan pada pertemuan Optical Society di Amerika pada Februari 1947. Dia menggunakan prinsip transfer difusi untuk menghasilkan kembali gambar yang direkam oleh lensa kamera secara langsung ke permukaan sensitif cahaya yang berfungsi sebagai film atau foto. 

Kamera Polaroid pertama Land dijual pada 26 November 1948 menghasilkan keuntungan yang besar untuk Polaroid Corpotion. Edwin Land terus mengembangkan penemuannya dengan "Polacolor", film berwarna lansung jadi pada tahun 1963 dan kamera SX-70, kamera pertama yang menggunakan film kering. Dia juga membuat alat pembuat video berwarna yang disebut Polavision pada tahun 1978.

Kamera polaroid ini sendiri dipatenkan 30 tahun sejak penemuan pertamanya yakni pada tahun 1970. Tepat pada 17 Juni 1970 Edwin Herbert Land mematenkan penemuannya.

https://res.cloudinary.com/dansprogramming/image/upload/c_scale,w_500/v1623825875/AYOMEDIA/edwin_land_historydaily.jpg
Edwin Herbert Land dan Kamera Polaroidnya (History Daily)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar